Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menggelar wisata kuliner Ramadhan atau Pasar Wadai Ramadhan 1444 Hijriah atau 2023 di Siring Sungai Martapura di Jalan Piare Tendean atau Siring Menara Pandang.
 
Wakil Wali Kota Banjarmasin H Arifin Noor di Balaikota Banjarmasin, Senin, menyatakan penetapan tempat siring sungai yang ada fasilitas menara pandang tersebut sebagai lokasi Pasar Wadai Ramadhan sesuai hasil rapat bersama.

Baca juga: Balai POM di Banjarmasin pastikan takjil pedagang aman dikonsumsi
 
Arifin menuturkan rapat bersama tersebut terkait persiapan Pasar Wadai Ramadhan 1444 Hijriah atau 2023 ini diikuti jajaran instansi terkait di lingkungan Pemkot Banjarmasin, Kepala Cabang Utama Bank Kalsel dan paguyuban pedagang Pasar Wadai Ramadhan Kota Banjarmasin.
 
"Sudah kita tinjau lokasinya, kita nilai pas untuk Pasar Wadai Ramadhan tahun ini," ujarnya.
 
Dinyatakan dia, tempat Pasar Wadai ini akan ditata, direnovasi dan diperindah agar para paguyuban pedagang yang ada di Kota Banjarmasin mendapatkan ruang yang luas.
 
"Nanti dari Dishub, Satpol PP, dinas pekerjaan umum, Dinas Koperasi, dinas lingkungan hidup dan semuanya yang terlibat agar mereka ini betul-betul lah menerapkan, jangan sembarangan, harus baik dan harus berhasil," ucap Arifin.
 
Sebab, ucap dia, Pasar Wadai Ramadhan menjadi ikon wisata kuliner Ramadhan terbesar di kota ini, sehingga menyedot kunjungan yang sangat besar.
 
"Mudah-mudahan hari ini kita sudah bergerak semua untuk suksesnya gelar Pasar Wadai Ramadhan di kota kita ini," ujarnya.

Baca juga: "Pasar wadai Ramadhan" Banjarmasin tetap sebagai magnet ngabuburit
 
Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin Iwan Fitriadi menuturkan Pasar Wadai Ramadhan di Siring Sungai Martapura di Jalan Piare Tendean ini yang pertama.
 
Sebelumnya, Iwan menyebutkan gelar Pasar Wadai Ramadhan Banjarmasin bertempat di Jalan RE Martadinata atau depan Balai Kota Banjarmasin, dan Jalan Sudirman depan eks Kantor Gubernur Kalsel, kedua tempat ini di pinggiran Sungai Martapura.
 
Adapun Siring Sungai Martapura di Jalan Piare Tendean merupakan objek wisata andalan Kota Banjarmasin, karena dilengkapi menara pandang, lapangan yang cukup luas, akses jalan yang cukup bagus, di tambah pemandangan sungai Martapura nan indah.
 
"Jadi sangat cocok di sana, moga dengan persiapan yang jauh hari ini, kegiatan berlangsung baik dan meriah," paparnya.
 
Sebab, ungkap dia, sejak pandemi COVID-19 melanda pada Maret 2020, gelar Pasar Wadai Ramadhan Banjarmasin sempat ditiadakan, karena menjaga protokol kesehatan.
 
"Tahun ini digelar lagi, moga membangkitkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Pasar Wadai Ramadhan jadi momentum gelorakan wisata halal food di Banjarmasin
Rapat penetapan tempat Pasar Wadai Ramadhan 1444 H atau 2023. (ANTARA/Bayu Pratama)

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023