Pelayanan Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan semakin lengkap menyusul dimilikinya "Oxygen Generator" yang siap memproduksi oksigen untuk kebutuhan pasien.
 
"Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Kamar Dagang dan Industri Kalsel yang telah menghibahkan Oxygen Generator ini," ujar Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin di Banjarbaru, Senin.
 
Diketahui, generator oksigen yang siap dioperasikan manajemen RSD Idaman merupakan hibah dari Kadin yang diserahkan Ketua Umum Kadin Kalsel Shinta Laksmi Dewi simbolis kepada wali kota, Senin.
 
Peralatan khusus itu membantu produksi dan suplai tabung oksigen bagi pasien RSD Idaman dan mampu mengolah oksigen puluhan tabung per jam sehingga stok oksigen selalu mencukupi bagi pasien.
 
Menurut wali kota, pihaknya kembali teringat saat puncak penanganan COVID-19 di Banjarbaru pertengahan tahun 2021 harus memantau secara langsung ketersediaan oksigen di salah satu penyalur oksigen.
 
"Saya bersama Forkompinda siang dan malam bergantian menunggu di perusahaan penyalur oksigen yakni PT Samator memastikan distribusi oksigen bagi pasien COVID-19 di Kota Banjarbaru," ungkapnya.
 
Pengalaman itu membuatnya sedih namun seiring keberadaan generator oksigen di RSD Idaman sehingga bisa dipastikan ketersediaan oksigen bagi pasien di rumah sakit milik pemerintah Kota Banjarbaru itu.
 
Ditekankan, bantuan hibah generator oksigen itu menjadi mitigasi bagi manajemen RSD Idaman dalam pemenuhan kebutuhan oksigen bagi pasien rumah sakit sehingga tidak lagi kesulitan oksigen.
 
"Kami sudah meminta direktur RSD Idaman dokter Danny Indrawardhana untuk menjaga dan merawat hibah generator oksigen ini sehingga bisa dioperasikan maksimal memenuhi kebutuhan oksigen," ucapnya.
 
Ketua Umum Kadin Kalsel Shinta Laksmi Dewi mengharapkan bantuan peralatan penghasil oksigen itu akan lebih meningkatkan pelayanan dan memberikan banyak manfaat bagi RSD Idaman melayani pasien.
 
"Kami yakin generator oksigen ini memberi banyak manfaat terutama efisiensi pengolahan oksigen dan dirasakan unit kesehatan lain karena bisa memproduksi dan menyalurkan tabung oksigen sendiri," ujarnya.
 
Diharapkan, Kadin Kalsel bersama Pemkot Banjarbaru bisa semakin bersinergi dan berpartisipasi dalam pembangunan Kota Banjarbaru yang resmi menjadi ibukota Provinsi Kalimantan Selatan itu.
 
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023