Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berkomitmen menjadi perguruan tinggi inovatif dalam menghadapi perubahan dan mendukung pembangunan nasional serta daerah terutama di Kalimantan Selatan.

Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Jumat, mengatakan ULM sedang dalam tahap transisi dari PTN berstatus Satker menjadi PTN Badan Layanan Umum (BLU), sehingga memiliki tantangan khusus menghadapi perubahan struktur organisasi dan kebijakan yang nantinya diterapkan. 

Baca juga: Universitas Lambung Mangkurat perkuat sinergi capai sasaran IKU

Kemudian tahun ini pula ULM melakukan transisi menuju Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), sehingga diperlukan adanya dukungan dari berbagai pihak eksternal baik pemerintah maupun pihak lainnya.
Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri bersama Dirjen Otonomi Daerah Akmal Malik di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, jumat (10/2/2023). (ANTARA/Firman)

Salah satu dukungan tersebut melalui serangkaian seminar nasional dengan menghadirkan para narasumber berkompeten di berbagai bidang keilmuan serta pemangku kebijakan di pemerintahan.

Seperti yang dilakukan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ULM dengan menggelar seminar nasional dengan topik “Peluang dan Tantangan Inovasi Pemerintah Daerah".

Baca juga: Duta Besar Kazakhstan buka peluang ULM kerja sama internasional

Acara ini menghadirkan Dirjen Otonomi Daerah Akmal Malik sebagai pembicara utama bersama tiga pemateri lainnya yakni Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalsel Ariadi Noor, dosen Departemen Politik FISIP UNAIR dan Penasihat Senior Lab45 Haryadi serta dosen Administrasi Publik FISIP ULM Tomi Oktavianor.

Rektor menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan seminar nasional yang dihadiri oleh Dirjen Otda, terlebih topik yang dipilih relevan dalam rangka menghadapi paradigma pelaksanaan proses pembangunan nasional di Indonesia.

Baca juga: Komisi X DPR dukung perbaikan sistem seleksi mandiri di PTN

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023