Duta Besar Republik Indonesia untuk Kazakhstan Mochammad Fadjroel Rachman menawarkan peluang kepada Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk merambah kerja sama internasional melalui diplomasi kedutaan agar perguruan tinggi negeri di Kalimantan Selatan itu bisa semakin terkemuka dan berdaya saing.

"Kami siap memfasilitasi setiap keinginan perguruan tinggi untuk go international," kata Fadjroel di Banjarmasin, Jumat.

Fadjroel sendiri hadir di ULM untuk menyampaikan kuliah umum dengan topik “Diplomasi dan Kerjasama Internasional Untuk Meraup Peluang Baru”.

Ratusan mahasiswa ULM dari berbagai fakultas hadir di Lecture Theater Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) ULM di Banjarmasin untuk mendengarkan dan menyimak materi yang diberikan.
 
Duta Besar Republik Indonesia untuk Kazakhstan Mochammad Fadjroel Rachman bersama Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri. (ANTARA/Firman)


Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri mengatakan potensi yang luar biasa untuk bekerja sama dengan perguruan tinggi yang ada di Kazakhstan berkat dorongan sang Dubes.

"Ada perguruan tinggi di Kazakhstan memiliki ranking 100 terbaik dunia, ini potensi luar biasa kita memerlukan kerja sama dengan universitas top skala internasional," ujarnya.

Alim mengungkapkan salah satu indikator kinerja utama (IKU) yang harus dicapai setiap perguruan tinggi yaitu menjalin kerja sama dengan universitas yang masuk top 100 dunia.

"Syukur-syukur jika dosen di Kazakhstan yang terdaftar di universitas 100 terbaik dunia bisa menjadi dosen tamu alias dosen luar biasa di ULM  termasuk pertukaran mahasiswa juga kami dorong," jelasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023