Kecamatan Batang Alai Utara (Batara) mengusulkan sebanyak 42 program prioritas pembangunan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun Anggaran 2024 yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Mansyah Sabri.

Camat Batara Jayadi di Kabupaten HST, Kalimantan Selatan, Selasa, mengatakan tema pembangunan 2024 soal "Percepatan Pengentasan Kemiskinan dan Peningkatan Daya Saing SDM yang didukung dengan Pertumbuhan Ekonomi Inklusif".

Baca juga: Usulan penanggulangan banjir di sampaikan pada Musrembang kecamatan Hantakan

Menurut Jayadi, Kecamatan Batara terdiri dari 14 Desa mengusulkan prioritas yang disampaikan untuk Tahun Anggaran 2024 sebanyak 42 dengan harapan semoga dapat terealisasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri menyampaikan sebagai agenda tahunan, Musrenbang berusaha menangkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat serta para pemangku kepentingan atau mitra di tingkat kecamatan sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan terkini.

Mansyah menambahkan hasil kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan 2023 akan dijadikan salah satu bahan masukan dalam penyusunan Rancangan Renja Perangkat Daerah.

Baca juga: Berry: Infrastruktur penting, namun kualitas pelayanan masyarakat juga sangat penting

"Musrenbang merupakan sebuah jembatan komunikasi antara pemerintah daerah dan masyarakat, saya harapkan agar masyarakat memiliki kepekaan terhadap potensi yang ada di wilayahnya" ucap Mansyah.

Sehingg, menurut Mansyah, hal yang disampaikan tidak semata-mata usulan program fisik, melainkan juga usulan yang mampu meningkatkan kualitas potensi sumber daya manusia dan sumber daya Alam di wilayahnya.

Wabup menambahkan, Musrenbang ini hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya agar berdaya guna dan berhasil guna dengan sasaran akhir terwujudnya peningkatan kesejahteraan.

Baca juga: Paduan suara dari Batara turut sukseskan puncak Harjad HST ke-63

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023