Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Kepala Dinas pendidikan Kota Banjarmasin Murlan menyatakan, cuma dua Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di kotanya yang siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016.

"Hanya SMPN 1 dan SMPN 6 yang siap melaksanakan UNBK tahun ini, yang lainnya belum memenuhi syarat," ujarnya di Banjarmasin, Kamis.

Menurut dia, dari sebanyak 89 SMP sederajat di kota ini yang akan melaksanakan Ujian Nasional pada 9-12 Mei nanti, hanya SMPN 1 dan SMPN 6 yang memiliki kelengkapan sarana komputer dan jaringan internet untuk melaksanakan UNBK.

"Sekolah lainnya akan melaksanakan UN dengan metode Ujian Nasional Pensil Kertas (UNPK)," tuturnya.

Diungkapkan dia, pada ujian nasional tahun ini di tingkat SMP sederajat akan diikuti sebanyak 10.590 siswa, dengan rincian SMPN negeri dan swasta sebanyak 8.235 siswa, SMPLB sebanyak 27 siswa, dan tingkat MTs Negeri dan Swasta sebanyak 2.328 siswa.

"Sejauh ini pantauan kita, persiapan untuk pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP sederajat sudah cukup bagus dilakukan pihak sekolah, demikian pula para muridnya," papar Murlan.

Menurut dia, menjelang pelaksanaan ujian nasional ini, para murid sudah mulai juga mengikuti try out (TO), baik yang dilaksanakan Disdik kota, provinsi, dan nasional.

"Bahkan bagi SMPN yang akan melaksanakan UNBK, pada try out ini juga melaksanakan sistem itu," ujarnya.

Sebagaimana diakui Kepala SMPN 1 Banjarmasin Bokhari, bahwa pihak sudah melakukan uji coba pelaksanaan ujian nasional kepada 216 siswanya yang akan mengikuti ujian nasional tahun ini langsung menggunakan sistem komputer.

"Kita memiliki sebanyak 110 komputer, tiga silver dan satu silver cadangan untuk pelaksanaan UNBK nanti," pungkasnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016