Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( PKK) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan penilaian kegiatan lomba sekretariat PKK tingkat kecamatan dan desa.

Penilaian oleh tim penilai TP PKK Kabupaten HSS secara bergiliran di 11 kecamatan yang ada di Kabupaten HSS, salah satunya selain untuk penguatan organisasi PKK, juga untuk meningkatkan inovasi serta pemberdayaan masyarakat di masing-masing wilayah binaan.

"Di sini kami memiliki inovasi menyangkut perikanan, karena di sini masyarakat kebanyakan adalah nelayan yang tergantung dengan alam dan kegiatannya menangkap ikan. Kami dari kecamatan telah memberikan contoh mengembangbiakkan ikan jenis lele,” kata Camat Daha Selatan, Nafarin, di Negara, Rabu (1/2).

Baca juga: HSS peringati Hari Ibu ke-94

Dijelaskan dia, dulunya lele itu dibesarkan di sebuah ember besar, sekarang sudah dikembangkan di kolam lebih besar, dan dapat berkembang dengan baik.

Ke depannya, memang ada juga perencanaan pihaknya untuk membuat kebun terapung, namun air tahun ini tidak menentu dan rencana itu terkendala oleh alam.

“Insya Allah tahun depan akan kita tambah lagi inovasi yaitu membuat kebun terapung, dari bahan-bahan bekas dengan botol-botol plastik," katanya.

Baca juga: TP PKK HSS gelar LP3PKK fokus pembuatan laporan

Penilaian kali ini untuk Kecamatan Daha Selatan, dihadiri  Wakil Ketua I TP PKK HSS, Srie Astuti Syamsuri Arsyad, Sekretaris TP PKK, Hj. Murziah  beserta pengurus TP PKK HSS, didampingi Ketua TP PKK Kecamatan Daha Selatan, Nordasimah dan para pengurus TP PKK Kecamatan.

Penilaian kegiatan Lomba Sekretariat PKK kecamatan ini meliputi beberapa penilaian terdiri atas Mars PKK dan Mars HKG, Kader PKK, Pusat Informasi dan Konsultasi Keluarga (PIK Keluaga).

Kemudian, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Alat Permainan Edukatif (APE), Pemanfaatan Toga, Hatinya PKK, Dasa Wisma Ber-PHBS, dan Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS).

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023