Puncak peringatan Hari Ibu ke-94 tahun 2022 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel), digelar di pendopo kabupaten setempat.

Kepala Dinas PPKBPPPA HSS, Dian Marliana, di Kandangan, Jumat (30/12), mengatakan peringatan Hari Ibu ke-94 kali ini mengusung tema "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju".

"Selain tema utama, juga ada sub-sub tema yang mendukung tema kita tersebut, yaitu kewirausahaan perempuan, perempuan dan digital ekonomi, perempuan dan kepemimpinan, serta perempuan terlindungi perempuan berdaya," katanya, mengutip press release Diskominfo HSS kepada ANTARA.

Baca juga: PT SAM berpartisipasi sukseskan program bapak asuh anak stunting HSS

Dijelaskan dia, dalam rangkaian peringatan Hari Ibu telah dilaksanakan beberapa kegiatan, yaitu kunjungan ke tokoh wanita dan ziarah ke makam pejuang wanita.

Selain itu, dilaksanakan aksi lapangan dengan pemberian souvenir untuk perempuan masyarakat HSS, dan pemberian kue tart kepada ibu-ibu ketua organisasi wanita.

Bupati HSS, H. Achmad Fikry, mengatakan peringatan Hari Ibu yang selalu diperingati merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi, untuk perjuangan para ibu dari masa ke masa, juga para ibu sangat berperan dalam pembangunan di HSS.

Baca juga: Desa Tambingkar wakili HSS ikuti penilaian P2KD

"Kami mengingatkan kepada semua kalangan bahwa setinggi apapun jabatan yang diraih atau dimiliki, jangan pernah melupakan jasa dan pengorbanan seorang ibu, karena tanpa jasa ibu tidaklah mungkin bisa seperti sekarang," katanya.

Dalam rangkaian acara tersebut, diawali dengan Tari Tampung Tawar dari MTSN 1 HSS, pembacaan sejarah singkat Hari Ibu oleh Sri Mulyana Guru MTS Telaga Langsat, penayangan video rangkaian Hari Ibu di HSS.

Kemudian, penayangan video Ibu Terinspiratif, penyerahan piagam penghargaan dan bingkisan kepada ibu-ibu Inspirasi tahun 2022, pemotongan tumpeng, penyerahan sepeda GNOTA, dan pengumuman pemenang kebaya serasi dan pemenang kudapan sehat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022