Warga Kecamatan Muara Harus Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mengusulkan perbaikan infrastruktur desa baik jalan, jembatan hingga tanggul sungai untuk antisipasi banjir di saat tingginya curah hujan.
 
Usulan ini tertuang dalam Musyawarah Rencana Pembangunan untuk Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Tabalong 2024 di Kecamatan Muara Harus dari total 59 usulan.

Baca juga: Bapedda : 1.044 usulan diteruskan ke Forum SKPD
 
"Selain infrastruktur dalam musrenbang Kecamatan Muara Harus juga mencakup 25 usulan terkait pelayanan publik dan 8 usulan bidang ekonomi," jelas Camat Muara Harus Aditya Pulanugraha di Tabalong, Selasa.
 
Untuk usulan infrastruktur pada RKPD 2024 di Kecamatan Muara Harus mencakup perbaikan jembatan Desa Banyu Tajun, pengaspalan jalan Desa Murung Karangan pengaspalan, perbaikan tanggul Desa Manduin.
 
"Warga Desa Manduin ingin perbaikan tanggul untuk antisipasi banjir," ungkap Aditya.
 
Dalam bidang pelayanan publik usulan berupa pelayanan air bersih yang belum optimal di Desa Madang mengingat makin rendahnya kualitas air sungai di saat curah hujan tinggi.

Baca juga: Peningkatan kualitas jalan jadi prioritas pembangunan Kecamatan Banua Lawas
 
Kepala Bappedalitbang Kabupaten Tabalong Muhammad Noor mengatakan pihaknya akan menyeleksi usulan yang masuk dalam musrenbang berdasarkan prioritas pembangunan. Rifani.
 
"Nanti usulan kita pilah berdasarkan prioritas pembangunan salah satunya pengembangan kawasan agrowisata daerah," jelas Rifani.
 
Di Kecamatan Muara Harus potensi unggulannya berupa pertanian lahan basah, budidaya ikan dan wisata.
 
Sebelumnya Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani meresmikan Taman Edukasi Desa Harus Kecamatan Muara Harus yang menjadi salah satu inovasi desa untun meningkatkan pendapatan desa.
 
Taman Edukasi yang dibangun dari dana Desa Harus sebagai upaya pengembangan wisata lokal sekaligus penyediaan sarana bermain dan olahraga.

Baca juga: Musrenbang Kecamatan Tanta didominasi usulan pembangunan infrastruktur

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023