Tim F2R  sukses menoreh juara Lomba Balogo se-Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2023, di Marabahan, Barito Kuala (Batola),  Minggu (29/1/2023). 

Kesuksesan tim asal Tapin ini diraih melalui perjuangan berat. Awalnya tim diawaki M Rafi’i, Gusti M Faisal dan M Riduan  ini bersama 14 tim asal daerahnya turut meramaikan pertandingan melibatkan 585 peserta dari 195 tim dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel.

Sekdakab Batola Zulkipli Yadi Noor berharap,  terselenggaranya Lomba Balogo se-Kalsel  menjadi upaya bersama dalam rangka melestarikan dan mengembangkan warisan budaya.

"Lomba balogo juga untuk mengembangkan kearifan lokal, sehingga ke depan dapat diikutkan dalam perlombaan berskala nasional," ujar  Zulkipli Yadi Noor, di Marabahan.

Zulkipli juga menyatakan, ke depan akan mencoba memperluas cakupan lomba menjadi Regional Kalimantan. 

Sedangkan untuk tingkat Kalsel, menurut dia, akan diupayakan piala bergilir yang perlombaannya dilaksanakan setiap tahun. 

Selain balogo, dia juga berharap, kepada Disporbudpar dan KORMI Batola untuk dapat melaksanakan lomba berbagai jenis olahraga tradisional secara secara berkelanjutan.
Tim F2R akhirnya sukses menoreh juara Lomba Balogo se-Kalimantan Selatan Tahun 2023, di Marabahan, Barito Kuala (Batola),  Minggu (29/1/2023).Foto:ANTARA/HO-PROKOPIMDA BATOLA. 

Sedangkan juara kedua diraih Tim PP Binuang, juara ketiga Tim Binuang dan jusra keempat diraih Tim Tari. Sedangkan juara kelima raih Tim Kalating dari HSS dan juara keenam diraih Tim Pemali dari Kotabaru.

Atas prestasi ditorehkan itu para pemenang masing-masing berhak mendapatkan hadiah bervariasi mulai Rp6,5 juta, Rp5,5 juta, Rp4,5 juta, Rp4 juta, Rp3 juta dan Rp2 juta. 
Tim F2R akhirnya sukses menoreh juara Lomba Balogo se-Kalimantan Selatan Tahun 2023, di Marabahan, Barito Kuala (Batola),  Minggu (29/1/2023).Foto:ANTARA/HO-PROKOPIMDA BATOLA. 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023