Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Banjar kembali merangkul masyarakat untuk turut berperan serta dalam membantu terjaganya keamanan dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat dengan mengadakan pembentukan Forum Kesadaran Pancasila (FKP).


Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Mataraman, Selasa, bekerjasama dengan pihak Kodim 1006 Martapura dan Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Selatan, Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar memberikan penjelasan kepada masyarakat, bahwa sangat penting kebersamaan dalam menjaga kerukunan dalam menjalani kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Plt Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar H.Nasrunsyah yang pada kesempatan itu diwakili oleh Kepala Bidang Ketahanan Ideologi dan Kewaspadaan Nasional Hj Fathul Jannah menyampaikan bahwa, sangat penting diadakannya pembentukan Forum Kesadaran Pancasila.

Forum ini bertujuan membentengi masyarakat kita dari segala pengaruh negatif dari luar dan untuk memberikan pengetahuan dan penjelasan sejak dini kepada generasi muda akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dan juga dapat secara bijaksana menyikapi isu yang menyangkut SARA yang sangat berpotensi menyebabkan perpecahan dalam kehidupan bermasyarakat.

Pada kesempatan tersebut, narasumber yang didatangkan dari Kodim 1006 MTP, Jumaruddin menyampaikan kepada para peserta yang hadir, bahwa pada zaman sekaran sebenarnya Negara Indonesia sama sekali tidak terbebas dari yang namanya peperangan.


Peperangan yang dimaksud adalah dalam ranah teknologi, ilmu pengetahuan, dan budaya, yang dinilainya dapat memberikan nilai negatif untuk jiwa para generasi muda kita sekarang.

Sebagai contoh kecil, dapat kita lihat dari budaya anak-anak kita pada zaman sekarang yang sangat ketergantungan dengan perangkat elektronik atau yang sering kita sebut dengan istilah gadget.

Belum lagi yang akhir-akhir ini tengah kita hadapi dan sangat santer terdengar, masalah peredaran narkoba yang tentu saja sangat merugikan generasi penerus bangsa Bila tidak segera ditangani, mereka dapat menjadi generasi yang lemah dan tidak bersemangat. Jumlah kematian dengan sendirinya akan terus bertambah setiap tahunnya akibat penyalahgunaan narkoba.

Maka dari itu sudah barang tentu menjadi tugas kita bersama untuk menjaga itu semua. Tugas kita bersama menjaga keamanan, ketentraman dan kedamaian Kabupaten Banjar dan Indonesia yang kita cintai.(Asep/Yani/f)

Pewarta: Asmuni

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016