Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia (DPC PDI Perjuangan) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, sebagai aksi peduli terhadap warga terdampak banjir Sawahan, Kota Pelaihari, memberikan bantuan berupa ratusan paket mie dan air mineral, Jumat.

"Bantuan yang kami serahkan hari  ini sebagai bentuk kepedulian terhadap warga terkena dampak banjir," ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Tanah Laut H Muhammad Noor atau disapa H Nurdin di Pelaihari.

Menurut dia, bantuan yang pihaknya berikan itu hendaknya tidak dilihat dari berapa jumlahnya, namun sebagai bentuk  kepedulian.

"Banjir  melanda sebagian wilayah di Kabupaten Tanah Laut  membuat warga kesulitan beraktivitas sehari-hari, baik urusan pekerjaan atau rumah tangga," ucapnya.

Dia berharap, banjir yang melanda sebagian wilayah di Tanah Laut segera surut, sehingga warga dapat beraktivitas seperti semula. 

Sebelumnya, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tanah Laut  membuka dapur umum dan bantuan logistik kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Pelaihari dan Kecamatan Takisung.

Kepala Dinas Sosial (Kadisos) Tanah Laut Eko Trianto mengatakan, untuk membantu warga terdampak banjir di Kecamatan Pelaihari dan Kecamatan Takisung Dinas Sosial membuka dapur umum dan bantuan logistik.

"Kita buka dapur umum ini karena ada informasi dari pak camat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Khusus untuk wilayah Pelaihari kita buka dapur umum sepakat di depan Kantor Dinas Sosial saja," ujar Eko Trianto, saat ditemui di Pelaihari.

Dengan pertimbangan kondisi hujan dan segala macam, menurut dia, maka akan sulit kalau membuka dapur umum di tempat lain.  

"Setelah makanan masak di dapur umum, baru kita distribusikan ke seputaran Kecamatan Pelaihari," katanya. 

Saat ini, jelas dia, pihaknya sudah menyiapkan 1.000 bungkus nasi dan kemungkinan akan bertambah lagi menjadi 2.000 bungkus nasi karena ada data yang baru masuk.

Dia berharap, logistik di Dinas Sosial Tanah Laut bisa cukup karena sebelum buka dapur umum pihaknya juga sudah mendistribusikan logistik ke Desa Ranggang  dan Desa Banua Tengah, Kecamatan Takisung.

"Logistik yang kita distribusikan itu berupa beras, mie dan sarden. Logistik yang kita salurkan itu untuk dapur umum untuk dikonsumsi malam ini saja, kalau habis akan kita distribusikan lagi," terangnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, dalam memberikan bantuan tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD Tanah Laut dan PMI Tanah Laut.
 
Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia (DPC PDI Perjuangan) Kabupaten Tanah Laut memberikan bantuan berupa paket mie dan air mineral kepada warga terdampak banjir, Jumat (27/1/2023). :ANTARA/HO-Koleksi pribadi.

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023