Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK mengharapkan momen Haul ke-18 Tuan Guru Haji Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sakumpul Martapura lebih menggerakkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) provinsinya,.

Harapan itu dia kemukakan di Banjarmasin, Rabu sehubungan Haul ke-18 Guru Sakumpul atau Tuan Guru Haji Ijai, seorang ulama kharismatik di "Tanah Banjar" Kalsel yang puncak kegiatannya di kediaman Paman Birin (Gubernur provinsi setempat) di Martapura, 26 Januari 2923.

"Memang dalam  Haul Guru Sakumpul makanan gratis bagi pengunjung yang mengikuti kegiatan tersebut, tetapi untuk kebutuhan lain seperti roko dan produk lainnya tentu harus membeli," ujar anggota DPRD Kalsel dua periode itu.

Wakil rakyat yang sudah berusia 65 tahun lebih itu juga menganjurkan warga masyarakat Kalsel, terutama daerah sekitar kegiatan haulan dapat memanfaatkan momentum tersebut.

"Namun jangan mengambil kesempatan atau dalam artian membuat tarif/menetapkan harga seenaknya," lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong itu.

"Pokoknya jadilah tuan rumah yang baik dalam kegiatan Haul ke-18 Guru Sakumpul sehingga kegiatan tersebut betul-betul sukses, tidak menimbulkan kesan yang bukan-bukan," demikian Supian HK

Dalam turut menyukseskan kegiatan Haul ke-18 Guru Sakumpul, secara pribadi Supian HK bersama keluarga membuka dapur umum di kediamannya Pamatang Gambut Kabupaten Banjar mulai Kamis pukul sembilan pagi hingga malam hari.

Karena Pamatang Gambut (sekitar 16 kilometer dari Banjarmasin) juga merupakan lintasan bagi warga masyarakat yang mau menghadiri atau pulang acara puncak kegiatan Haul ke-18 Guru Sakumpul.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023