Ketua DPP Forum PLKP, H Zoelkifli M Adam didampingi Sekretaris DPP, Ermansyah, melantik Dewan Pengurus Daerah (DPD) Forum Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan(FPLKP) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) masa bakti tahun 2022-2027 di Alaska Park, Banjarbaru, Kalsel.

Ketua DPD Forum PLKP Kalsel, Slametno, di Banjarbaru, mengatakan LKP ke depannya memiliki prospek yang menjanjikan, apabila bisa dikelola dengan baik, serta bisa memenuhi kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri(DUDI), serta ditunjang sertifikasi kompetensi bagi lulusannya.

"Kita di Forum PLKP Kalsel memiliki beberapa program prioritas, tentunya dengan tujuan dalam mengembangkan potensi lembaga kursus yang ada di daerah, salah satunya sertifikasi kompetensi, di mana kita ketahui DUDI sangat menghargai sertifikat kompetensi tersebut," katanya, Sabtu (21/1) lalu.
 
Pelantikan dan pengukuhan pengurus DPD Forum PLKP Kalsel. (Antara/Fathur)


Baca juga: Musda Forum PLKP Kalsel tetapkan Slametno ketua

Dijelaskan dia, selain meningkatkan lulusan LKP yang tersertifikasi baik melalui LSK maupun LSP,  juga meningkatkan kualifikasi dan keterserapan lulusan LKP di dunia kerja, serta siap bersinergi dengan stakeholder terkait dalam ikut mendukung program pemerintah di daerah. 

Ketua DPP Forum PLKP, H Zoelkifli M Adam, mengatakan agar pelantikan ini tidak hanya menjadi kegiatan seremonial belaka, namun dimaknai mendalam dengan membawa amanah dan diharapkan memberi dampak manfaat besar pada masyarakat dari kehadiran Forum PLKP.

"Di sini kami juga menyampaikan apresiasi atas dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel untuk kepengurusan Forum PLKP Kalsel, di mana telah berhadir langsung pejabat dari beberapa dinas terkait dalam kegiatan pelantikan dan pengukuhan ini," katanya.

Menurut dia, LKP di daerah memiliki peran dalam mendukung program pemerintah, karena disadari bahwa masyarakat bisa juga dilatih dan dibina keahliannya melalui LKP, untuk mereka bisa merintis usaha, meningkatkan kompetensi sehingga produk dan jasa yang dihasilkan dapat bersaing di pasaran.

Disamping, diakui kompetensi tenaga kerja lokal masih rendah, maka hadirnya LKP  minimal bisa berpartisipasi dalam mengurangi masalah tersebut, pihaknya juga menitipkan agar Pemprov Kalsel serta pemerintah daerah masing-masing dapat membina Forum PLKP, untuk bersinergi dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas di daerah. 
Pelantikan dan pengukuhan pengurus DPD Forum PLKP Kalsel. (Antara/Fathur)


Baca juga: STKOM Sapta Computer Indonesia gelar wisuda IV

Staf ahli gubernur bidang ekonomi dan pembangunan, H Suparno, mengatakan mewakili Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengucapkan selamat kepada para pengurus yang telah dilantik dan dikukuhkan, dan kegiatan ini menandai tonggak penyelenggaraan sinegitas LKP yang ada di daerah.

"Sinergi kita perlukan dalam rangka tingkatkan kompetensi SDM berkualitas, pengurus DPD menjembatani komunikasi dengan dengan pemerintah, termasuk kebutuhan organisasi profesi, mewadahi dan menghasilkan tenaga terampil yang bergabung dan terorganisir, kemanfaatannya juga dirasakan masyarakat,"katanya.

Ditambahkan dia, Forum PLKP Kalsel sebagai organisasi profesi diharapkan bisa menjadi mitra pemerintah, aktif mendukung dalam mencapai misi pembangunan daerah,  dengan bekerja optimal bersama-sama mewujudkan Kalsel makmur dan sejahtera secara berkelanjutan.

Baca juga: Forum PLKP dan HILLSI Kalsel salurkan bantuan untuk kursus terdampak banjir HST
 
Pelantikan dan pengukuhan pengurus DPD Forum PLKP Kalsel. (Antara/Fathur)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023