Musyawarah Daerah (Musda) I Forum Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (PLKP) menetapkan Slametno sebagai ketua terpilih secara aklamasi, untuk memimpin DPD Forum PLKP Kalimantan Selatan (Kalsel) periode 2022-2027.

Musda dihadiri pengurus cabang kabupaten dan kota se-Kalsel, unsur pengurus DPD  dan dibuka secara resmi Koordinator Wilayah Kalimantan, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Forum PLKP, Ratna Samila Sari.

"Penjaringan calon telah kita laksanakan sejak tanggal 2 November dan berakhir 4 November pukul 18.00 Wita dan hanya ada satu nama yang mencalonkan diri dan telah memenuhi syarat, yakni Slametno," kata Sekretaris Pelaksana Budi Riyanto Prabowo di Banjarbaru, Sabtu (5/11).

Dijelaskan dia, agenda musda sebelumnya juga diisi dengan penyampaian laporan pertanggungjawaban Ketua DPD Forum PLKP Joko Margono yang telah memimpin dalam periode 2015-2022, ketika Slametno juga berposisi sebagai Sekretaris DPD Forum PLKP Kalsel.

Baca juga: 32 peserta ikuti pengimbasan PPKSDM LKP berstandar industri STKOM SC

Secara umum dari pengurus cabang kabupaten dan kota se- Kalsel dapat menerima laporan pertanggungjawaban tersebut, yang disampaikan dalam pemandangan masing-masing ketua pengurus cabang.

Tak dipungkiri kepengurusan Forum PLKP di masa dipimpin Joko Margono serta para pengurus DPD lainnya memberi warna tersendiri dalam pembinaan awal LKP di Kalsel, selain itu menjadi tonggak awal berkembangnya organisasi ini di Kalsel.

"Dengan selesainya musda ini, maka forum mengamanahkan kepada ketua terpilih untuk menyusun kepengurusan daerah DPD Forum PLKP Kalsel bersama formatur, demi keberlangsungan dan regenerasi organisasi," katanya.

Ketua Terpilih Forum PLKP Kalsel, Slametno, mengatakan berterima kasih atas amanah yang diberikan, dan mengajak para pengurus untuk bersama-sama membesarkan organisasi, sehingga memberikan kontribusi atau manfaat untuk kemajuan dunia vokasi di masing-masing daerah.

Ia menyadari bahwa untuk menghidupkan organisasi diperlukan semangat dan dedikasi bersama dari semua pihak, bukan hanya kerja satu atau dua orang tetapi kebersamaan yang dikedepankan, dan dirinya menyatakan siap untuk mengembang amanah sebagai ketua terpilih.

"Ke depan kita akan mengembangkan kerjasama yang beberapa pihak, termasuk dengan perguruan tinggi dan kita akan membuka kesempatan bagi LKP-LKP yang ingin membuka program satu tahun, dua tahun dan lainnya, serta para alumni LKP dapat melanjutkan program ke perguruan tinggi," kata Slametno, yang juga Ketua LKP LPP Stkom Sapta Computer.

Baca juga: Forum PLKP dan HILLSI Kalsel salurkan bantuan untuk kursus terdampak banjir HST

Sementara itu, Ketua Forum PLKP di periode 2015-2022, Joko Margono, menyatakan akan tetap bersama Forum PLKP. Pergantian kepengurusan diharapkan menjadi penyegaran dan melanjutkan kaderisasi, serta mengharapkan silaturrahmi yang terjalin baik selama ini terus terbina.

Selain musda, dalam rangkaian kegiatan diisi dengan sosialisasi dan promosi penerimaan mahasiswa baru jalur RPL yang disampaikan Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Margana.

Kemudian juga dilakukan penandatangan nota kesepakatan antara UNY dengan Institut Teknologi Sapta Mandiri (ITSM), selanjutnya UNY dengan LKP LPP Stkom Sapta Computer.

Turut berhadir, Wakil Rektor I ITSM, Isnaningsih dan Wakil Rektor II ITSM, H. Munisih dalam musda I DPD Forum PLKP Kalsel yang diselenggarakan atas dukungan dan pembiayaan dari ITSM, serta LKP LPP Stkom Sapta Computer.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022