Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan kembali melaksanakan kegiatan Manunggal Tuntung Pandang di Desa Damit Hulu, Kecamatan Batu Ampar dari tanggal 20 hingga 21 Januari 2023.

Kepala Desa (Kades) Damit Hulu Edy Suhendra mengaku, kegiatan MTP atau bermalam di desa menjadi bagian dari program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Laut  dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Damit Hulu.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tanah Laut dan jajaran karena telah  memberikan pelayanan kepada warga desa, baik itu layanan  kesehatan, pendidikan maupun lainnya," ujar Edy Suhendra Jum'at (20/1/2023). 

Salah satu warga Desa Damit Hulu Mustofa mengaku turut memanfaatkan pelayanan kesehatan gratis untuk memeriksakan kesehatan di Posko Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Tanah Laut bersama Puskesmas Durian Bungkuk wilayah kerja Damit Hulu.

"Saya sangat bersyukur dengan adanya pelayanan kesehatan seperti ini, karena membantu dan meringankan beban untuk berobat," ungkapnya.

Dia juga mengungkapkan, pada pelayanan itu mengikutkan anaknya  untuk sunatan gratis.

"Semoga kegiatan seperti ini secara rutin terus dilaksanakan, terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Laut," kata Mustofa.
Pemerintah Kabupaten Tanah Laut melaksanakan kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) ke-96 di Desa Damit Hulu, Kecamatan Batu Ampar, dari 20 hingga 21 Januari 2023. ANTARA/HO-DISKOMINFO TANAH LAUT.

Kepala Puskesmas Durian Bungkuk Yuliana mengatakan, antusiasme warga cukup tinggi pada kegiatan pelayanan pengobatan gratis di MTP.
 
"Alhamdulillah dengan adanya kegiatan MTP di Desa Damit Hulu warga sangat antusias, terutama pada pelayanan pengobatan gratis, sunat masal dan pemasangan Implan KB," kata Yuliana.

Dia juga menyampaikan, sejauh ini terjadi perubahan pada keluhan masyarakat yang dulunya banyak penyakit menular,  namun sekarang lebih ke arah penyakit tidak menular seperti hipertensi, gula darah dan kolesterol.

Dia berharap, dengan adanya puskesmas baru di wilayah Batu Ampar, warga Damit Hulu dapat memanfaatkan pelayanan kesehatan yang diberikan dengan baik. 

Bupati Tanah Laut Sukamta mengungkapkan, kegiatan MTP dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat desa. 

"Melalui MTP, pemerintah dan masyarakat desa dapat berkomunikasi secara langsung," tutur bupati. 

Pada kesempatan itu, bupati turut menyerahkan secara simbolis 200 bibit pohon petai kepada kades setempat. 

Selain itu, bupati turut meresmikan Rumah Data Kependudukan (RDK) di Kampung Keluarga Berkualitas Desa Damit Hulu.
 
Pemerintah Kabupaten Tanah Laut melaksanakan kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) ke-96 di Desa Damit Hulu, Kecamatan Batu Ampar dari tanggal 20 hingga 21 Januari 2023. ANTARA/HO-DISKOMINFO TANAH LAUT.

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023