Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengapresiasi kesiapan Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satpol PP dan Satlinmas) menghadapi Pemilu Tahun 2024 secara serentak.

"Apresiasi itu terutama kepada Satpol PP dan Satlinmas Kabupaten Barito Kuala (Batola) dan Kabupaten Tanah Laut (Tala) saat melakukan kunjungan kerja," ujar Kepala Subbag Humas Sekretariat DPRD (Setwan) Kalsel Dedy Noriadi melalui telepon seluler, Jumat.

Pasalnya Satpol PP dan Satlinmas punya peran penting  atau punya andil dalam mengawal dan menjaga nilai norma-norma sosial serta jadi garda terdepan penegak Perda, serta aman dan tertibnya satu kota atau daerah.

Oleh karena itu, kesiapan Satpol PP dan Satlinmas pun dalam menghadapi Penyelenggaraan pemilihan presiden (Pilpres) & Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 menjadi penunjang keamanan dan lancarnya.

Komisi I DPRD Kalsel yang diketuai Hj Rachmah Norlias dan Sekretarisnya H Suripno Sumas itu berkunjung ke Batola dan Tala untuk melihat seberapa jauh persiapan Satpol PP dan Satlinmas setempat dalam menghadapi Pemilu 2024.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua Komisi I Siti Nortita Ayu Febria Roosani sebagai pimpinan rapat, menjelaskan pentingnya kesiapan Satpol PP dan Satlinmas dalam Pemilu serentak nanti.

"Alhamdulillah, kami melaksanakan kegiatan di dua kabupaten (Batola dan Tala) sangat luar biasa pertemuan hari ini, kami sangat mengapresiasi untuk kesiapan Satpol PP dan Satlinmas terutama nanti di Tala akan melaksanakan Pilkada serentak dan itu juga sudah dianggarkan di APBD pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat," jelasnya. 

"Kami juga berharap di kabupaten lain di Kalsel akan melaksanakan kesiapannya untuk menunjang penyelenggaraan Pilpres & Pilkada pada Tahun 2024," wakil rakyat dari kaum perempuan yang akrab dengan sapaan Ibu Tatum tersebut.

Sebelumnya Kepala Satpol PP Batola Dahtiar Fajar mengungkapkan ada kendala yang belum terealisasi seperti  kurangnya anggaran  untuk membiayai pelatihan Linmas , pembelian atribut dan lain-lain yang menunjang Pemilu 2024 di kabupaten itu 

Namun, Tatum menyatakan, setiap kabupaten pasti ada kendala terutama anggaran, hanya saja bagimana nanti masing-masing pemerintah daerah untuk lebih ada sedikit tanggapan untuk kegiatan kegiatan yang ada di linmas di desa-desa karena tidak semua kabupaten memberikan anggaran yang cukup.

Harapan Komisi I, yang pasti untuk Pemilu 2024 "Aman Tertib dan Terlaksana dengan baik, tidak terjadi apapun. Jadi Kalsel menjadi projek yang terbaik untuk Pilkada dan Pilpres," ucapnya lagi.
Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan saat kunjungan kerja ke Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Tanah Laut. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)

Ditemui setelah pertemuan, Kepala SatPol PP Tala Muh Kusri menyatakan, pihaknya sangat berterimakasih karena dapat penghargaan luar biasa pada hari ini kedatangan tamu dari Komisi I DPRD Kalsel.

"Mudah mudahan memberikan semangat kepada kami untuk menjaga Tala kondusif,  tentram, tertib menghadapi pemilihan calon anggota legislatif (caleg), Pilpres dan Pilkada," katanya.

Kunjungan kerja Komisi I ke "Bumi Selidah" Batola dengan ibukotanya Marabahan (sekitar 50 kilometer barat Banjarmasin) dan"Bumi Tuntung Pandang " Tala dengan ibukotanya Pelaihari (65 km tenggara Banjarmasin) terjadwal, 19 - 20 Januari 2023, demikian keterangan pers Humas Setwan Kalsel.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023