Bupati Banjar Saidi Mansyur menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Kalimantan Selatan atas pemeriksaan kinerja terhadap upaya penyediaan akses air minum.
 
Laporan Hasil Pemeriksaan yang juga meliputi penyediaan sarana dan prasarana sanitasi untuk mendukung kesehatan lingkungan tahun 2021 diserahkan Kepala BPK Perwakilan Kalsel Rahmadi di Banjarbaru, Rabu.
 
"Kami siap menginstruksikan seluruh jajaran Pemkab Banjar agar segera menindaklanjuti hasil pemeriksaan kinerja dan saling berkoordinasi sehingga semuanya tercapai sesuai harapan," ujar bupati.
 
Disebutkan, seluruh satuan kerja perangkat daerah terkait diantaranya Bappeda Litbang, Dinas PUPR, dan Dinas Kesehatan, DPMD serta PTAM Intan Banjar saling berkoordinasi.
 
Diharapkan, sesuai dengan hasil pemeriksaan yang disampaikan BPK RI Perwakilan Kalsel, kinerja yang dilakukan guna lebih meningkatkan layanan penyediaan air minum dan sanitasi terwujud sesuai harapan.
 
Kepala BPK RI Perwakilan Kalsel Rahmadi menjelaskan, pemeriksaan bertujuan menilai kemampuan pemerintah dalam menyediakan akses air minum yang layak dan aman bagi masyarakat.
 
Selain itu, juga kinerja dalam upaya penyediaan sarana dan prasarana sanitasi mendukung kesehatan lingkungan tahun 2021 sampai semester I tahun 2022 yang telah dilaksanakan.
 
"Pemeriksaan mencakup penyediaan akses air minum layak dan aman pada aspek keterjangkauan, ketersediaan dan kualitas serta sanitasi mendukung kesehatan lingkungan pada aspek sarana dan prasarana serta perilaku masyarakat," ungkapnya.
 
Dikatakan, Pemkab Banjar telah mencapai keberhasilan disamping melakukan sejumlah upaya yang dituangkan dalam LHP tetapi masih terdapat sejumlah kelemahan dan permasalahan harus diperhatikan dan diperbaiki.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023