Banjarbaru (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengatakan, Kota Banjarbaru mempunyai potensi berkembang lebih cepat dibanding kabupaten dan kota lainnya di provinsi setempat.


"Potensi yang dimiliki Banjarbaru berkembang lebih cepat bisa dilihat dari sekarang maupun masa depan," ujarnya pada puncak peringatan HUT ke-17 Kota Banjarbaru, Rabu.

Ia mengatakan, potensi yang sudah dimiliki Banjarbaru adalah sebagai kota pusat pemerintahan Provinsi Kalsel di Jalan Trikora Banjarbaru yang pindah dari Banjarmasin sejak tahun 2013.

Kemudian, Banjarbaru juga dikenal sebagai Kota Pendidikan karena letak Universitas Lambung Mangkutan di Banjarbaru disamping sekolah tinggi lainnya di kota berjuluk Idaman itu.

"Pertumbuhan perumahan sudah sangat pesat sehingga banyak muncul kawasan permukiman yang menandai semakin tumbuh dan berkembangnya suatu kota," ungkapnya.

Sektor perekonomian juga semakin pesat ditandai dibangunnya kawasan pertokoan modern termasuk mal dan semakin tumbuhnya sektor jasa, juga industri dan perdagangan.

"Itu semua menjadi modal bagi Banjarbaru berkembang semakin cepat dibanding daerah lain dan diharapkan potensi ini dimanfaatkan kepala daerah mempercepat pembangunan," ujarnya.

Menurut dia, percepatan bidang pembangunan dan jumlah penduduk yang semakin pesat harus diimbangi perencanaan pembangunan yang matang dan terarah.

"Pemkot harus memperhatikan tata ruang dengan merencanakan sesuai peruntukan sehingga penataan kota semakin baik dan perkembangan kota semakin pesat," kata dia.

Gubernur juga berpesan, potensi itu diiringi permasalahan sosial yang dipastikan muncul sehingga harus disikapi pemerintah dan pemangku kepentingan secara bijaksana.

"Harapan kami, masalah sosial yang muncul disikapi dengan cepat namun bijaksana sehingga pembangunan terus berjalan tanpa hambatan dari permasalahan sosial," pesannya.

Puncak peringatan HUT ke-17 Banjarbaru di depan Balai Kota juga dihadiri Wakil Gubernur Rudy Resnawan dan anggota FKPD serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Wali Kota Nadjmi Adhani dan Wakil Wali Kota Darmawan Jaya Setiawan memimpin puncak hari jadi disamping seluruh pejabat Pemkot yang hadir di acara seremonial tersebut.


Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016