PT Adaro Indonesia menginisiasi festival anyaman pertama di Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah yang digelar di halaman Pasar Jenamas, Kelurahan Rantau, Selasa (10/01).
 
Festival yang digelar bersama Pemerintah Kabupaten Barito Selatan ini mengusung tema “Budaya Anyaman Kuat, UMKM Unggul” atau disingkat “Bakul” sebagai ajang pelestarian budaya menganyam di Kabupaten Barito Selatan.
 
External relations division head PT Adaro Indonesia Thoha menyampaikan PT Adaro Indonesia sebagai perusahaan yang selalu ingin berkembang bersama masyarakat mempunyai perhatian khusus pada pelestarian budaya lokal.
 
“Kecamatan Jenamas dan Dusun Hilir memiliki potensi luar biasa bahan baku anyaman seperti purun, rotan, eceng gondok serta bamban yang melimpah dan tidak kalah menariknya masyarakat disini mempunyai anugerah dari Tuhan YME kemampuan menganyam ” kata Thoha.
 
Ia menambahkan PT Adaro Indonesia bersama masyarakat menginisiasi kegiatan ini dengan dukungan seluruh mitra kerja PT Adaro Indonesia, sehingga festival anyaman ini bisa dilaksanakan untuk pertama kalinya di wilayah kerja PT Adaro Indonesia.
 
Peserta festival mencakup pelaku UMKM dari tujuh desa maupun kelurahan dengan memamerkan aneka karya anyaman khas masing-masing daerah.
 
Produk anyaman yang dipamerkan pun dilombakan untuk memperebutkan juara umum, selain itu festival dimeriahkan berbagai persembahan nyanyian dan tarian oleh para siswa SMA/SMK se-Kecamatan Jenamas.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Dalam festival anyaman ini hadir pula Penjabat Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana beserta rombongan, rombongan mitra kerja PT Adaro Indonesia, PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), PT Sapta Indra Sejati (SIS) serta pihak lainnya.
 
Lisda Arriyana menyampaikan apresiasinya kepada PT Adaro Indonesia atas dukungan yang diberikan, sehingga lewat kegiatan ini pihak pemerintah dan swasta turut mendukung program strategis nasional yakni membangkitkan UMKM daerah.
 
“Terima kasih kepada Adaro karena baru pertaka kali festival seperti ini di tingkat kecamatan yang luar biasa meriah, bahkan tidak kalah dengan acara- di tingkat kabupaten,” ungkapnya.
 
Pada kesempatan yang sama ia juga mencanangkan festival ini sebagai agenda tahunan, sehingga kegiatan peningkatan UMKM terus berlangsung di Kecamatan Jenamas dan Dusun Hilir.(adv)
 
 

Pewarta: *

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023