Bawaslu Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mulai melakukan sosialisasi perekrutan calon Pengawas Pemilu Kelurahan atau Desa (PKD) yang akan bertugas mengawasi seluruh tahapan Pemilu 2024 di daerah.

"Se-Kabupaten HST kita memerlukan sebanyak 169 PKD yang akan mulai dibuka pendaftaran pada 14-19 Januari 2023 di Sekretariat Panwaslu yang tersebar di 11 Kecamatan," kata Ketua Bawaslu HST Mailinasari, di Barabai Selasa (10/11).

Kordinator Divisi SDMO, PP dan Datin tersebut menerangkan, rekrutmen ini akan disosialisasikan oleh Panwaslu Kecamatan ke seluruh desa se-Kabupaten HST, baik terkait syarat dan berkas-berkas yang harus disiapkan bagi pelamar maupun tata cara pendaftaran.

Pihaknya juga menginstruksikan agar Panwaslu Kecamatan lebih gencar mensosialisasikan kepada masyarakat, baik melalui media sosial maupun terjun langsung ke desa dengan pemasangan flyer dan spanduk-spanduk di tempat-tempat yang strategis mudah dilihat warga.

"Pendaftaran PKD ini juga gratis dan tidak dipungut biaya asalkan memenuhi persyaratan seperti berusia 21 Tahun, izasah minimal SMA sederajat dan berdomisili di kecamatan setempat," kata Mailinasari.

Ia juga mengingatkan kepada pelamar, yang perlu diperhatikan adalah NIK KTP Elektronik. Jika Ia terdaftar di Sipol KPU sebagai pendukung Pantai Politik yang telah lulus Verifikasi Faktual maka tidak dapat mendaftar sebagai calon PKD.

Namun, jika namanya atau KTP nya dicatut terdaftar sebagai pendukung calon DPD RI silahkan nantinya membuat surat pernyataan dan laporkan ke Bawaslu HST, karena tahapannya belum dilakukan Verifikasi Faktual.

Untuk cek apakah NIK anda terdaftar pendukung partai politik, silahkan kunjungi website KPU https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik . Sedangkan untuk cek NIK apakah anda terdaftar sebagai pendukung calon DPD RI, silahkan buka website https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik_pendukung .

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023