Setelah beberapa tahun vakum akibat pandemi Covid-19, peringatan haul akbar ulama besar Kalimantan Selatan, KH Muhammad Zaini Abdul Ghani (Guru Sekumpul) di jadwalkan tahun 2023 ini, kembali digelar pada 26 Januari mendatang.

Pelaksanaan Haul Akbar ke-18 itu, diumumkan oleh KH. Wildan Salman (Guru Wildan) yang didampingi Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor kepada media, usai acara keagamaan Aqiqah dan Tasmiyah Cucu Pertama Gubernur Kalsel, di kediamanan pribadi Gubernur Kalsel, di Jalan Kertak baru Kampung Keramat, RT 1 Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, pada Minggu malam (8/1).

Hadir dalam jumpa pers itu sejumlah ulama Banua seperti, Habib Ali, KH Mukeri Yunus, Guru Supian Al-Banjari, dan Guru Juhran Fauzan Saleh.

Tampak hadir juga Ketua DPRD Kalsel Supian HK dan Sekdaprov Roy Rizali Anwar.

“Haul Akbar Guru Sekumpul akan dilakukan pada Kamis malam, 26 Januari 2022, Bertempat di kediaman Bapak Gubernur di Kampung Keramat. Mudah-mudahan bisa terlaksana dengan sukses dan mudah-mudahan diterima oleh Allah SWT,” ujar Guru Wildan.

Guru Wildan menjelaskan, Haul Guru Sekumpul di Kediaman Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, atau lebih akrab disapa Paman Birin tersebut, terbuka untuk umum dan akan mengundang tamu dari luar daerah.

“Kita akan mengundang tamu dari luar, khususnya dari Pesantren Tebu Ireng Jombang dan Alhamdulillah mulai pengasuh pesantrenya mulai mualiminnya dan pimpinan Ponpes serta satrinya mereka merespon dengan baik dan akan menghadirinya,” jelasnya.

Pada acara haul akbar ke-18 tersebut, juga akan dihadirkan penceramah ahli tafsir, KH Ahmad Mustain Syafii, dari Tebu Ireng Jombang Jawa Timur.
KH. Wildan Salman (Guru Wildan) didampingi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, bersama sejumlah ulama mengumumkan pelaksanaan Haul Akbar ke - 18 Guru Sekumpul, yang di jadwalkan berlangsung pada Kamis Malam, 16/1 2023, di Kediaman Gubernur Kalsel, Kampung Keramat, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar. Minggu (8/1). (Antara/Latif Thohir)


Selain terbuka untuk umum, nantinya tamu-tamu dari luar negeri di kabarkan juga turut hadir pada acara Haul akbar tersebut.

Guru Wildan menegaskan, pelaksanaan Haul tersebut, merupakan inisiatif dari anak-anak didik ilmu Guru Sekumpul.

sebagaimana diketahui sudah ada informasi dari Kalteng, Kaltim dan di luar Kota Martapura, seperti Tapin, Hulu Sungai, mereka seluruhnya akan melaksanakan Haul guru Sekumpul, ungkap Guru Wildan.

“Apalagi kita yang masih di kawasan Martapura, tentu akan melaksanakannya,” kata dia.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023