Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur mengharapkan produksi perikanan makin meningkat sehingga menambah kesejahteraan masyarakat yang menjalankan usahanya di bidang perikanan.
 
"Kami berharap pelaku usaha bidang perikanan mampu meningkatkan produksi sehingga mereka mampu meningkatkan kesejahteraan bagi keluarganya," ujar bupati di Kota Martapura, Jumat.
 
Sebelumnya, bupati bersama Wakil Bupati Said Idrus Al-Habsy hadir pada syukuran di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih dan Induk Ikan (BBII) Kecamatan Karang Intan, Kamis.
 
Menurut bupati, potensi perikanan di Kabupaten Banjar sangat besar, sehingga harus dapat dimanfaatkan maksimal melalui pengembangan berbagai usaha perikanan yang dijalankan masyarakat.
 
Oleh karenanya, masyarakat yang menjalankan usaha perikanan, lebih khususnya pembudidaya perikanan milenial, harus mampu menggarap potensi perikanan sehingga makin maju dan berkembang.
 
"Syukuran sekaligus pertemuan ini menjadi momentum merapatkan barisan untuk menggarap maksimal potensi perikanan sehingga mampu meningkatkan produksi di masa depan," pesannya.
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Banjar Ahmadi menyebut, lokasi syukuran ditetapkan sebagai salah satu kampung ikan papuyu yang diresmikan oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan.
 
"Tempat ini memiliki 41 kolam yang luasnya dua hektare ditambah kolam kecil untuk pameran sebanyak 12 kolam yang diisi berbagai jenis ikan seperti papuyu atau betok, patin dan nila," sebutnya.
 
Bupati menyerahkan bantuan benih dan pakan ikan 10 paket kepada Pokdakan Sejahtera Desa Tungkaran, Martapura dan lima paket bantuan untuk kolam terpal kepada Pokdakan Harapan Barokah, Karang Intan.
 
Selain itu, bantuan Bioflok dari BPBAT Mandiangin satu paket untuk Pokdakan Berkah Mandiri Sejahtera Desa Cindai Alus, Martapura dan bantuan 10.000 benih papuyu untuk Pokdakan Papuyu Sakti, Desa Karang Intan, Kecamatan Karang Intan.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023