Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Tanah Laut, Kalimantan Selatan M Rafiki Effendi mengatakan, sebanyak 23 objek wisata di Kabupaten Tanah Laut sering dikunjungi wisatawan selama libur Natal dan Tauun Baru (Nataru).

“Kita punya 23 objek wisata dikunjungi para wisatawan selama libur Natal dan Tauun Baru (Nataru) dari 24 Desember 2022 sampai dengan 1 Januari 2023,” kata Rafiki, di Pelaihari, Selasa (3/1/2022).

Menurut dia, berdasarkan data Dispar Tanah Laut total pengunjung di 23 objek wisata selama libur Nataru mencapai 84 ribu jiwa lebih. 

“Secara keseluruhan kita hitung sejak 24 Desember 2022 sampai dengan 1 Januari 2023 total pengunjung objek wisata di Tanah Laut mencapai 84.419 jiwa," ungkapnya. 

Lebih lanjut Rafiki mengungkapkan, dari 23 objek wisata tersebut lima diantaranya dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Laut,  11 wisata dikelola masyarakat atau desa dan tujuh wisata dikelola secara pribadi.

"Objek wisata menjadi favorit wisatawan selama libur Nataru diantaranya, Pantai Batakan Baru Kecamatan Panyipatan dengan total pengunjung 26 ribu jiwa, disusul Taman Permana Kecamatan Pelaihari dengan total pengunjung 12.698 jiwa dan Bukit Timah Kecamatan Panyipatan dengan total pengunjung 11.942 jiwa," terangnya.

Dia mengakui, angka pengunjung tersebut masih kurang maksimal dikarenakan adanya potensi bencana alam di area wisata, khususnya pantai dan  pergantian tahun jatuh pada hari Sabtu dan Minggu.

Angka tersebut, jelas dia, harusnya bisa lebih maksimal lagi jika saja tidak ada potensi cuaca ekstrem, tidak ada acara festival musik di kabupaten tetangga dan cuti lebih panjang.
 
23 objek wisata di Kabupaten Tanah Laut sering dikunjungi wisatawan selama libur Natal dan Tauun Baru (Nataru).Foto:ANTARA/HO-DISKOMINFO TANAH LAUT.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023