Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan memprogramkan kunjungan industri dalam praktik pembelajaran lapangan untuk memperluas wawasan para mahasiswanya.
 
"Ini merupakan agenda tahunan jurusan administrasi bisnis," ujar Kapala Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan Bisnis Digital Poliban, Rudy Haryanto di Banjarmasin, Sabtu.
 
Menurut dia, diantaranya realisasi program ini mengunjungi Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) regional IX Kalimantan dan PT Duta Televisi Indonesia pada 20 Desember 2022.
 
Menurut dia, mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dari semester 5 pada tiga Prodi di jurusan administrasi bisnis.
 
Dilanjutkan dia, tiga Prodi tersebut adalah D3 Administrasi Bisnis, D3 Manajemen Informatika dan Sarjana Terapan Bisnis Digital.
 
"Tujuan kegiatan ini memberi mereka kesempatan meningkatkan wawasan keilmuan dan pengalaman dengan melihat secara langsung aktivitas kerja dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja yang tergambar di OJK dan Duta TV," terang Rudy.
 
"Hal ini sangat membantu mahasiswa pada saat terjun ke dunia kerja selepas lulus," tuturnya lagi.
 
Dikatakan dia, para mahasiswa dalam kunjungan itu didampingi sekretaris jurusan, dosen dan staf di jurusan administrasi bisnis.
 
Sementara itu, kata dia, pihak OJK Regional IX Kalimantan yang kantornya berada di Jalan A Yani KM 8,9 Kabupaten Banjar, Kalsel tersebut menyambut baik kunjungan para mahasiswa dan para dosen Poliban.
 
OJK menyatakan, mahasiswa sebagai milenial harus mengetahui dan bisa menyampaikan ke masyarakat luas mengenai tugas dan fungsi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 
 
Para mahasiswa juga diberikan pengetahuan oleh Staf Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Regional IX Kalimantan, Siti Serfiyani dengan materi "Waspada Investasi dan Pinjol Ilegal".
 
Selain itu para mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk melakukan office tour untuk mengunjungi dan mendapatkan penjelasan lebih lanjut tugas dan fungsi bidang-bidang yang terdapat di OJK Regional IX Kalimantan tersebut.
 
Sementara itu, saat kunjungan industri di PT Duta Televisi Indonesia, para mahasiswa Poliban diajak melakukan studio tour untuk melihat proses produksi siaran TV di stasiun TV lokal yang beralamat di jalan Pramuka, Banjarmasin Timur, Kalsel tersebut.
 
Para mahasiswa juga diberikan materi mengenai pemanfaatan digital marketing Duta TV dalam pemasaran di masa pandemi.
Para mahasiswa Poliban Kalsel saat mengunjungi OJK regional IX Kalimantan Selatan pada program kunjungan industri pada 20 Desember 2022.(ANTARA/HO)
 
 
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022