Sekretaris Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Firman Yusi mengajak warga menghujani media sosial atau medsos dengan konten positif bersifat informatif dan edukatif.

"Menghujani medsos dengan konten positif informatif dan edukatif salah satu upaya menekan kehadiran konten negatif," ujarnya melalui telepon seluler, Senin.

Komisi IV DPRD Kalsel yang diketuai HM Lutfi Saifuddin itu juga membidangi pendidikan, kesehatan, keagamaan, kepemudaan, sosial dan ketenagakerjaan 

Ajakan Firman Yusi,  yang juga Direktur Eksekutif Perkumpulan Putra/Putri Saraba Kawa (Pusaka) Kabupaten Tabalong, Kalsel, itu ia sampaikan saat penutupan Youth Broadcasting Class (YBC) 2022 di Tanjung (237 kilometer utara Banjarmasin) ibukota kabupaten tersebut, 18 Desember 2022.

Alumnus Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin yang berkampus di Banjarbaru itu menerangkan, YBC meupakan program yang diinisiasi pegiat media dan dokumentaris "Bumi Saraba Kawa" Tabalong berbentuk pelatihan pembuatan video pendek.  

YBC menghadirkan para mentor berpengalaman, di antaranya pegiat medsos, fotografer, vidoegrafer, dokumentaris yang memiliki sertifikasi dan pekerja media. 

Kegiatan YBC didukung Perkumpulan Pusaka, dan untuk penyelenggaraan tahun 2022 PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), sebuah perusahaan jasa pertambangan yang beroperasi di Tabalong, memberikan dukungannya.

“Mewakili Perkumpulan Pusaka, saya mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang memberikan dukungannya, serta kepada pihak-pihak lain termasuk para mentor,” ujar mantan anggota DPRD Bumi Saraba Kawa Tabalong tersebut.

Ia juga mengapresiasi semangat para peserta pelatihan yang tidak hanya datang dari perorangan tapi dari berbagai komunitas, termasuk dari institusi resmi pemerintah seperti Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Tanjung dan tenaga kesehatan dari Puskesmas Muara Uya, Tabalong.
Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Firman Yusi saat penutupan Youth Broadcasting Class (YBC) 2022 di Tanjung (237 kilometer utara Banjarmasin) ibukota Kabupaten Tabalong, 18 Desember 2022. (Istimewa)

Penyelenggaraan tahun kedua ini, menurut laki-laki kelahiran "Kota Minyak" Tanjung tersebut, memang sengaja melibatkan para pihak yang membutuhkan dukungan untuk dapat mengembangkan metode baru dalam menjalankan tugasnya.  

“Dengan demikian, kebermanfaatan penyelenggaraan YBC akan semakin terasa ketika para sahabat ini mampu mengembangkan metode komunikasi dengan kelompok sasarannya masing-masing,” tambahnya.

Penutupan YBC 2022 sendiri diwarnai pemberian penghargaan kepada para peserta YBC baik perorangan maupun kelompok.  

Terpilih sebagai kelompok terbaik dari Tim Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Muara Uya, sementara kelompok favorit Tim BPP Tanjung dan peserta perorangan favorit mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syekh Muhammad Nafis Tabalong. 
Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Firman Yusi saat penutupan Youth Broadcasting Class (YBC) 2022 di Tanjung (237 kilometer utara Banjarmasin) ibukota Kabupaten Tabalong, 18 Desember 2022. (Istimewa)

"Pemberian penghargaan kami lakukan untuk menyemangati para sahabat peserta supaya tidak berhenti sampai disini, bahkan para penerima penghargaan sengaja kami berikan dukungan peralatan untuk terus berkreasi,” demikian Firman Yusi.

Sebagai catatan almarhum Syakh Muhammad Nafis bin Idris, seorang pengarang "Kitab Darun Nufus" (sebuah kajian ilmu tasawuf) yang terkenal sampai Negri Jiran Malaysia dan Brunei Darussalam.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022