Area Manager Communication, Relations and CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Arya Yusa Dwicandra mengatakan, sebanyak 1.769 paket konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) diberikan kepada nelayan didua kabupaten di Kalimantan Selatan (Kalsel), yakni Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Kotabaru.

"Pertamina terus berkomitmen mendukung program dari pemerintah, salah satunya, program konversi BBM ke BBG bagi para nelayan dan petani membutuhkan," ujar Area Manager Communication, Relations and CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Arya Yusa Dwicandra, dalam press rilis, Senin.

Menurut dia, sebelumnya pihaknya melakukankan sosialisasi program konversi BBM ke BBG untuk kapal penangkap ikan bagi nelayan. 

Dia menjelaskan, konversi BBM ke BBG dilakukan ke wilayah dengan mata pencaharian utama masyarakatnya sebagai petani maupun nelayan. 

Hal ini dilakukan, sebut dia, dalam upaya mendukung ketahanan energi, penyediaan energi alternatif, menyokong ekonomi masyarakat dan mendorong penggunaan energi lebih ramah lingkungan.

"Pertamina ditugaskan mendukung kebijakan pemerintah dalam penggunaan BBM ke BBG. Ini sebagai bagian dari kebijakan energi nasional untuk mendukung ketahanan energi serta penyediaan energi alternatif lebih ramah lingkungan bagi nelayan," terangnya.

Sales Area Manager Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng) Jalu Tarwoco menjelaskan, setiap nelayan akan mendapatkan satu unit mesin kapal, dua tabung LPG 3 kg, satu set baling-baling, dan satu set konverter kit. 

“Kegiatan ini sesuai dengan Perpres Nomor: 5/ 2006 program ini mendukung upaya Pemerintah untuk meningkatkan penggunaan energi ramah lingkungan sehingga mengurangi tingkat polusi dan pencemaran,” jelas Jalu.

Dia menambahkan,  program konversi tersebut dijalankan sesuai dengan kriteria dan ketentuan berlaku dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor: 38/2019 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penetapan Harga LPG untuk Kapal Penangkap Ikan Bagi Nelayan Sasaran dan Mesin Pompa Air bagi Petani Sasaran.

Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai program dan layanan Pertamina, terang dia, dapat mengakses website resmi Pertamina di www.pertamina.com dan kontak PT Pertamina di 135.
PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan memberikan konvensasi BBM ke BBG sebanyak 1.769 kepada nelayan di Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Kotabaru.Foto:ANTARA/HO-HUMSS PT PERTAMINA PATRA NIAGA KALIMANTAN.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022