Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyatakan gembira adanya diskusi mengenai energi terbarukan yang berlangsung di balaikota Banjarmasin  Selasa.

Kepada Antara Kalsel di Banjarmasin, Rabu menuturkan bahwa ia sendiri membuka secara resmi kegiatan Diskusi Energi Terbarukan dengan Memanfaatkan Sinar Matahari dan Sampah.

Sinar matahari dan sampah sebagai Sumber Energi Listrik Bersama Cendekiawan Banjar, Dato Seri Dr. Azhar Yahaya dan Dato Dr. Guntor Tobing, di Aula Kayuh Baimbai.

Turut hadir Presiden Pertubuhan Banjar Malaysia (PBM), H Burhan Kasim Oham, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Alive Yoesfah Love, rombongan Kerukunan Bubuhan Banjar, serta sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin.

Kegiatan tersebut sebagai kegiatan tambahan Kongres Budaya Banjar VI dan Kongres Bubuhan Banjar (KBB) se dunia ke I.
Berdasarkan keterangan di sekretariat panitia i Kongres Budaya banar VI dan Kongres Bubuhan Banar I akan dilangsungkan tanggal 13-15/12/2022 sebagaimana rundown terlampir. Salah satu tujuan kongres yaitu membangun jaringan usahawan dan cendekiawan banjar.

Hal itu sudah diawali dengan kunjungan walikota Ibnu Sina ke Malaysia bertemu District Officer (bupati) Kerian, rektor Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) di Tanjung Malin, dan pengurus PBM pada bulan oktober 2019 di Kuala Lumpur setelah menghadiri APUF 7 di Penang. Kami sangat menghargai inisiatif bapak tersebut.

Pada kongres ini rombongan Pertubuhan Banjar Malaysia (PBM) dipimpin ketuanya H. Burhanudin Kasim. Diantara mereka Dato Seri Dr. Azhar Yahya penasehat PBM mantan Dirjen Kementerian Sains, Inovasi, dan Teknologi. Beliau bersedia juga menjadi narsum diluar acara kongres bersama mitra kerja beliau Dato Dr. Guntor Tobeng dgn topik seputar Malaysia mengimplementasikan program pengurangan Gas Rumah Kaca kesepakatan COP-26 Glasgow. Kita bisa mendapat pencerahan tentang pemanfaatan sinar matahari sbg sumber energi terbarukan. 

Menindaklanjuti semangat silaturrahim kulaan banjar pasca kunjungan walikota  ke Malaysia dengan ini walikota menjadi tuan rumah diselenggarakannya Side Event Kongres Budaya Banjar VI, judulnya : Banjarmasin Menuju Kota Sehat ; Diskusi Energi Terbarukan dengan Memanfaatkan Sinar Matahari dan Sampah Sebagai Sumber Energi Listrik Bersama Cendekiawan Banjar  dari Malaysia Dato Seri Dr. Azhar Yahaya dan Dato Dr. Guntor Tobing.

 Waktu yang tersedia hari selasa pukul 13.00 – 15.30 WITA. Dalam Diskusi ini, selain mengundang SKPD terkait, kami sarankan juga menghadirkan KADIN, HIPMI, Komunitas pegiat lingkungan dan lain-lain.

 

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022