Peringatan puncak hari jadi ke-72 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel), berlangsung meriah. Deretan prestasi dan penghargaan daerah turut diserahkan dalam rangkaian puncak peringatan.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, di Kandangan, Sabtu (3/12), mengatakan berbagai keberhasilan dari tingkat provinsi hingga tingkat nasional yang dicapai tahun ini merupakan hasil kerja keras semuanya dan tidak lepas dari doa para alim ulama serta tokoh masyarakat.

"Peringatan hari jadi menjadi momentum, untuk berkomitmen melaksanakan tugas memberikan yang terbaik untuk warga HSS," kata bupati dalam sambutan di Lapangan Lambung Mangkurat.

Dijelaskan dia, hari jadi tahun ini menjadi momen spesial, karena jadi tahun terakhir dirinya menjabat bupati bersama Wakil Bupati, Syamsuri Arsyad.

Pihaknya juga menyampaikan permohonan maaf, jika ada usulan pembangunan masyarakat masih belum terlaksana, karena di jabatan 2 tahun ini dengan kondisi pandemi mengharuskan terjadinya refocusing anggaran penanganan dan penanggulangan COVID-19.
 
Sambutan Bupati HSS, H Achmad Fikry. (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: Lapsus : Tabligh akbar hari jadi HSS di Negara hadirkan Ustadz Das'ad Latif

Adapun puncak hari jadi tidak dilaksanakan tanggal 2 Desember karena tepat hari Jumat, jadi dipilih tanggal 3 Desember agar waktunya bisa lebih panjang daripada hari Jumat.

"Banyak rangkaian kegiatan dalam menyambut hari jadi kabupaten kita, salah satunya yaitu mengunjungi 160 lansia asuh untuk berbagi kebahagiaan," katanya.

Selain itu ziarah ke makam para bupati, pejabat, dan pendiri HSS, kemudian sholat hajad untuk keselamatan banua, Haflah Tilawatil Quran, syukuran bersama masyarakat makan dengan Ketupat Kandangan.

Kemudian, tabligh akbar Ustadz Das'ad Latif, peringatan puncak hari jadi, dan malam ini HSS bersholawat bersama Habib Syech, dan ada HSS Expo untuk menggambarkan hasil-hasil yang telah dicapai selama setahun, serta syukuran hari jadi di 11 kecamatan.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, mengucapkan selamat memperingati hari jadi ke-72 untuk Kabupaten HSS, dan berharap agar pembangunan daerah di Kabupaten HSS terus berkelanjutan.
Puncak peringatan hari jadi ke-72 Kabupaten HSS. (Antara/HO-Diskominfo HSS)
 

Baca juga: Lapsus : Hari jadi ke-72 HSS momentum bermakna kerja bangun banua

"Saya sangat bahagia dan bangga, masyarakat HSS menuju era keemasan. Kita bersama-sama menciptakan dan menjadikan banua menjadi aman dan sejahtera, semoga Allah memberkahi dengan kemakmuran dan keberkahan serta mendapat ridhoNya," katanya.

Kegiatan puncak hari jadi dirangkai dengan penyerahan Piagam Penghargaan dari Gubernur Kalsel untuk Pemkab HSS, penyerahan deretan penghargaan dari tingkat provinsi dan nasional oleh gubernur mewakili pemerintah pusat.

Penghargaan tersebut, antara lain HSS meraih predikat A, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah untuk SAKIP Award 2021 dari Kementerian PANRB, yang merupakan satu-satunya kabupaten dari Kalsel.

Kabupaten HSS meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tingkat Nasional dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), atas penanggulangan kemiskinan pada masa pandemi COVID-19, JadiI satu-satunya di Indonesia yang angka kemiskinannya menurun.
 
Puncak peringatan hari jadi ke-72 Kabupaten HSS. (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: Lapsus HSS : Haflah Tilawatil Qur'an diiringi do'a keberkahan untuk banua

Kementerian Dalam Negeri menobatkan Kabupaten HSS masuk 10 besar kabupaten terinovatif di Indonesia dalam periode tahun 2019 - 2021 pada Penghargaan Innovative Government Award (IGA).

Penghargaan lima terbaik se-Indonesia SP4N Lapor pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik untuk Kabupaten HSS, yang diselenggarakan Kementerian PAN-RB.

Selanjutnya, penetapan RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan sebagai rumah sakit pendidikan satelit dari Kementerian Kesehatan.

Dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) kepada Pemkab HSS dalam memacu pertumbuhan kreativitas dan inovasi kekayaaan intelektual dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Terakhir, penyerahan piagam penghargaan dari Pemkab HSS kepada PT Antang Gunung Meratus (AGM), atas pemberian dana CSR dalam pembangunan pintu gerbang HSS.

Baca juga: Syukuran dan shalat hajat Pemkab HSS sambut hari jadi
 
Penyerahan beragam penghargaan oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor. (Antara/HO-Diskominfo HSS)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022