Festival olahraga masyarakat turut memeriahkan hari jadi Kabupaten Tabalong ke-57 dengan mengelar berbagai olahraga tradisional, rekreasi dan kebugaran.

Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, H Jubair mengatakan beberapa olahraga tradisional yang akan dipertandingkan diantaranya balogo, hadangan, kalayangan, bola kasti dan asinan.

"Sekitar 500 peserta turut berpartisipasi dalam festival olahraga masyarakat yang dibuka mulai hari ini," jelas Jubair, Kamis.

Dalam festival olahraga masyarakat yang dilaksanakan 1 sampai 4 Desember 2022 ini juga mempertandingkan olahraga kebugaran mulai dari aerobik, zumba dan senam lansia.

Seremoni festival olahraga masyarakat di Stadion Pembataan ini dihadiri Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Perwakilan Polres Tabalong, Kodim 1008/Tabalong, anggota komisi 3 DPRD Provinsi Kalsel Firman Yusi, Ketua KNPI Ari Wahyu Utoma dan pengurus Kormi setempat.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan olahraga tradisional seperti balogo dan bola kasti kini mulai dilupakan karena itu festival ini satu upaya membangkitkan kembali olahraga masyarakat yang dulu populer.

"Mari kita populerkan kembali olahraga tradisional melalui festival olahraga masyarakat," ajak Anang.

Satu warga Kota Tanjung Rahman mengakui festival olahraga masyarakat ini cukup menarik dan bisa lebih mengenalkan tradisi atau permainan masyarakat jaman dulu kepada kaum muda.

"Anak sekarang jadi lebih mengenal   beberapa olahraga tradisional yang biasa dilakukan masyarakat jaman dulu," ungkap Rahman.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022