Pemerintah Kabupaten Tabalong mencanangkan Kampung Hortikultura guna mendukung upaya memperkuat ketahanan pangan di 'Bumi Saraba Kawa' ini.

Pencanangan oleh Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani di Desa Catur Karya Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong, Selasa (29/11).

"Sebagai pintu gerbang IKN Kabupaten Tabalong harus memperkuat basis ketahanan pangannya dan tidak semata menanam namun berperan sebagai produsen," ungkap Anang.

Dalam pencanangan ini Bupati didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah menyerahkan bantuan peralatan pertanian dan benih kepada sejumlah kelompok tani sasaran.

Masing-masing bantuan kultivator, tractor rotary, pompa air, mulsa dan benih bagi petani hortikultura di beberapa desa.

Desa Catur Karya sendiri menjadi daerah percontohan pengembangan hortikultura di Kabupaten Tabalong sejak 2014 dengan mengembangkan tanaman cabai dan bawang merah.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel Syamsir Rahman menyampaikan rasa bangganya atas keberhasilan petani di Kabupaten Tabalong yang selalu surplus beras.

Mengingat tahun ini sejumlah kabupaten di Provinsi Kalsel mengalami gagal panen akibat serangan hama penyakit dan banjir.

"Kami akan mendukung mewujudkan Kabupaten Tabalong sebagai pusat pengembangan hortikultura maupun perkuat basis pangan dalam mempersiapkan IKN," ungkap Syamsir.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022