Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) terus menggenjot peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) provinsinya yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa tersebar pada 13 kabupaten/kota.

"Untuk menggenjot peningkatan PAD tersebut antara lain melalui intensifikasi penerimaan retribusi perairan," ujar Ketua Komisi II Imam Suprastowo melalui telepon seluler, Selasa.

Dalam upaya menggenjot peningkatan PAD tersebut, Komisi II studi komparasi ke Provinsi Bali, ujar Kepala Subbag Humas Sekretariat DPRD (Setwan) Kalsel Dedy Noriadi juga melalui telepon seluler.

"Saat pertemuan di Ruang Tuna Dinas Kelautan dan Perikanan Bali, 28 November lalu,  Imam menjelaskan kedatangan rombongannya untuk belajar mengenai retrebusi agar ke depannya PAD kita dari retrebusi kelautan bisa meningkat,” kutip Juru Bicara (Jubir) Setwan Kalsel itu.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel Rusdi Hartono mengatakan, pihaknya Tahun 2023 akan membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) batu guna memaksimalkan PAD.

“Tahun depan kita akan bentuk UPTD baru yang kita beri nama Kawasan Konsevasi Perairan Bunati atau Angsana, karena tempatnya akan ada di Angsana,” ujarnya. 

Ia menambahkan, sejauh ini Ketua Komisi II beserta anggota sangat mendukung, terbukti dengan adanya penambahan anggaran pada 2023 untuk Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel.
Rombongan Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kalimantan Selatan saat kunjungan ke Dinas Kelautan dan Perikanan Bali, 28 November 2022. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bali I Made Sudarsana menyatakan senang  kedatangan Komisi II beserta Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel.

Menurut dia, kunjungan semacam itu selain mempererat persaudaraan, juga secara langsung berdampak pada perputaran roda ekonomi di Bali seperti sebelumnya ketika COVID-19 mewabah Bali juga ikut terdampak sebagai salah satu daerah pariwisata.

“Kami juga mengucapkan terima kasih karena dengan pertemuan ini, kami mendapat banyak gambaran mengenai sumber daya alam yang ada di sana dan pengelolaannya. Tentu ini merupakan informasi yang sangat baik,” ujar I Made Sudarsana.

Menanggapi terkait pandemi COVID-19, Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Aris Gunawan menyatakan sangat mengapresiasi pemerintah Bali.

"Pasalnya Bali merupakan daerah pariwisata yang cukup signifikan bangkit secara ekonomi," ujarnya.

"Saya apresiasi kepada Pemprov Bali,  semenjak wabah COVID-19 melanda dengan sigap memulihkan kondisi perekonomian. Salah satunya dari ekspor perikanannya dan semoga bisa kita terapkan di Kalsel," harap Aris.

Studi komparasi Komisi II ke "Pulau Dewata " Bali dalam kunjungan kerja ke luar daerah, 27 - 29 November 2022, demikian keterangan pers Humas Setwan Kalsel.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022