Seorang tokoh masyarakat Banjar yang juga dikenal sebagai mantan Wakil Gubernur Kalsel, Rosehan NB menilai jika keberadaan organisasi kerukunan bubuhan Banjar (KBB) yang ada saat ini,  jika terus digaungkan akan mengangkat citra dan harkat martabar orang Banjar.

Hal tersebut dikatakan Rosehan NB di Banjarmasin  Selasa sepulangnya dari menghadiri pengukuhan KBB Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah.

Menurut anggota DPRD Kalsel ini, organisasi ini bukan saja ada di Kalsel, Kaltim, dan Kalteng tetapi sudah menasional bahkan internasional karena organisasi KBB ada di berbagai provinsi di tanah air, bahkan Malaysia. Singapura, Brunei Darussalam dan negara lainnya.

Oleh karena itu jika keberadaan KBB ini terus digaungkan melalui berbagai kegiatan seperti pengukuhan, halal bihalal, dan bentuk silaturahmi yang lain tentu akan memerlihatkan keberadaan orang Banjar ini.

Apalagi orang Banjar tersebut dikenal sebagai religi, pedagang, kaum intelektual, serta suka silaturahmi tentu kebedaannya akan memberikan arti bagi masyarakat dimana saja berada.

Disamping itu orang Banjar melalui KBB tentu akan bertekad memelihara adat istiadat dan budaya, khususnya bahasa. Serta seni budaya lainnya.

Seperti saat pengukuhan KBB Pulang Pisau membuktikan keberadaan orang Banjar diterima dengan baik oleh mayoritas masyarakat Dayak setempat, bahkan dihadiri oleh bupati setempat Pudjirustaty Narang yang dikenal sebagai pejabat asal warga Dayak setempat.

Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dikukuhkan oleh Ketua KBB Kalteng. Chairudin Halim, di Pulang Pisau, Senin kemarin

Pengukuhan yang dihadiri Bupati Pulang Pisau, Pudjirastuty Narang tersebut berlangsung di gedung pertemuan umum, kota setempat yang dihadiri bukan saja pengurus KBB setempat, tetapi juga tokoh masyarakat dan pejabat.

Rosehan NB hadir saat pengukuhan bukan sebagai pengurus KBB pusat melain diundang khusus sebagai seorang tokoh orang Banjar. Dan juga memberikan sambutan pada saat itu.

Pengurus KBB yang dikukuhkan dipimpin oleh H. Ahmad Fadli Rahman, yang juga dikenal selaku anggota DPRD Pulang Pisau, serta ketua ketua bidang dan pengurus lainnya.

Ketua KBB Pulang Pisu, Ahmad Fadli Rahman saat pengukuhan berjanji organisasi ini menjunjung tinggi budaya rumah betang. Yaitu dimana berada dengan membangun kebersamaan dan akan selalu menjalin silaturahmi dengan suku suku lain.

Mewarnai pengukuhan tersebut selain makan bersama dengan menu masakan khas Banjar  ketupat kandangan, lontong. Gangan waluh, Kue Lupis. Papare, pupudak, juga atraksi seni silat Banjar. Hadrah. Setta tarian Kalteng 
 

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022