Penyampai Regulasi Uji dari Kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) Endri Dianto menyampaikan, kampus Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalsel banyak menciptakan surveyor handal bidang kadastral.

Ini terbukti, ucap dia, di Banjarmasin, Sabtu, dengan banyaknya peserta uji kompetensi bidang survei kadastral petugas ukur surveyor berlisensi dari alumni kampus Poliban.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Kantor Wilayah Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kalsel dari 26--27 November 2022 di kampus Poliban.

Dia pun menyampaikan, kampus Poliban dijadikan tempat uji kompetensi karena memiliki sarana dan prasarana yang baik.

Endri menyampaikan, Poliban yang diketahuinya memiliki program studi geomatika, hingga banyak menciptakan SDM yang berkualitas di bidang survei kadastral.

"Ini sangat membantu sekali dalam kegiatan khususnya di  kantor pertanahan," ujarnya.

Karena, ungkap dia, hingga 2024 ditarget pemerintah seluruh bidang tanah termasuk di Provinsi Kalsel ini sudah harus terdaftar.

"Karena bidang tanah yang bersertifikat itukan harus terukur dan terpetakan, ini yang jadi ciri khas kegiatan pengukuran kadastral," papar Endri.

Dia percaya Poliban akan lebih banyak menciptakan surveyor handal, apalagi jurusan terkait itu sudah strata sarjan S1.

"Dan Poliban satu-satunya kampus vokasi di Kalsel yang memiliki jurusan geomatika, ini luar biasa," ucap Endri.


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022