Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melaksanakan kampanye gemar makan ikan pada anak usia dini.


Kepala Dinas Kelautan dan  Perikanan Tanah Bumbu H Rahmat di Batulicin,Jumat, mengatakan kampanye gemar makan ikan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk mewujudkan visi menjadikan generasi yang sehat, kuat, dan cerdas.

"Mari kita ajak anak-anak kita untuk membiasakan makan ikan setiap harinya agar mereka terbiasa untuk mengkonsumsi ikan," katanya.

Menurut dia, ketersediaan ikan di Kabupaten Tanah Bumbu hingga saat ini masih sangat melimpah.

Kondisi tersebut dapat dilihat dari jumlah produksi ikan periode 2015 sebanyak 46 ribu ton per tahun, sedangkan yang dikonsumsi masyarakat Tanah Bumbu sebanyak 14 ribu ton per tahun dan sisanya hasil perikanan di jual keluar daerah.

Saat ini DKP Tanah Bumbu sudah memiliki mobil box pendingin ikan sehingga kapanpun bisa melakukan kegiatan promosi sambil membawa ikan ke pelosok-pelosok desa.

"Sebagai upaya serius dalam mensukseskan gemar makan ikan serta menjadikan generasi Tanah Bumbu yang sehat, kuat, dan cerdas, pemerintah daerah juga telah mengalokasikan anggaran pada APBD untuk kegiatan lomba menu serba ikan, serta melakanakan kampanye gemar makan ikan di sepuluh kecamatan 2016," katanya.

Selain melakukan kampaye gemar makan ikan, DKP Tanah Bumbu juga membagikan makanan berbahan dasar ikan yang di olah menjadi nugget dan bakso, kepada anak-anak usia dini secara gratis.

"Apabila kampanye gemar makan ikan sering dilakukan, diharapkan anak-anak usia dini dapat membiasakan diri untuk mengkonsumsi ikan," ujar Rahmat.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016