PT Subur Agro Makmur(SAM)-Astra Agro Lestari berpartisipasi dalam menyukseskan penanggulangan stunting yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, melalui program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS).

Launching dan Pengukuhan Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) di laksanakan di Kantor Camat Padang Batung oleh Bupati HSS, H Achmad Fikry, ada sembilan donatur dikukuhkan menjadi BAAS, salah satunya PT SAM, yang diwakili Asisten CSR, Esti Setyaningsih.

"Kegiatan penanggulangan stunting ini menjadi salah satu fokus pemerintah untuk mendapatkan penanganan khusus, sasaran utamanya adalah balita dibawah umur dua tahun," kata Kepala Dinas PPKBPPPA HSS, Dian Marliana, mengutip pers release yang diterima ANTARA, Senin (21/11) kemarin.

Dijelaskan dia, program BAAS akan memberikan treatment yakni dengan Pemberian Makan Tambahan (PMT)  yang dimasak oleh tim dapur sehat untuk anak stunting yang akan dilaksanakan, didampingi dan dimonitor secara berkelanjutan selama enam bulan ke depan.

Hal ini dilakukan untuk melihat perkembangan anak stunting tersebut, dan sebagai bahan evaluasi untuk langkah selanjutnya dalam program penanggulangan atau pencegahan stunting.
 
Launching dan pengukuhan program Bapak Asuh Anak Stunting Kabupaten HSS. (Antara/HO-PT Subur Agro Makmur)


Baca juga: PT SAM dukung program magang Disnakerkop UKMP HSS

Program BAAS sendiri merupakan gerakan gotong royong seluruh elemen bangsa, untuk turut ambil bagian dalam mempercepat penurunan stunting.

"Program kita ini menyasar langsung kepada keluarga beresiko stunting, yang mana sasaran prioritasnya adalah balita yang berusia di bawah dua tahun," katanya.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengatakan berterima kasih kepada para donator yang telah bersedia menjadi bapak asuh, dan diharapkan terus berlanjut.

Pihaknya juga membuka kesempatan ini secara luas, untuk Masyarakat yang ingin menjadi bapak atau ibu asuh untuk Anak Stunting melalui program BAAS.

Asisten CSR PT Subur Agro Makmur, Esti Setyaningsih, mengatakan dukungan pihaknya dalam rangka mensukseskan program penangulangan stunting di wilayah Kabupaten HSS.

"Kita dari PT Subur Agro Makmur turut serta berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan menjadi Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS)," katanya.
 
Launching dan pengukuhan program Bapak Asuh Anak Stunting Kabupaten HSS. (Antara/HO-PT Subur Agro Makmur)


Baca juga: Buka puasa bersama PT SAM dukung giat jurnalis muda HSS

Menurut dia, penanggulangan stunting selaras dengan program Astra Sehat, Program Astra Sehat merupakan program yang menyasar kepada kesehatan Masyarakat.

Seperti halnya kegiatan rutin pemberian bantuan PMT dan honor kader kepada posyandu binaan yang ada di Ring 1 perusahaan perkebunan kepala sawit tersebut.

Sebagai bapak asuh, PT SAM menyasar sembilan anak asuh stunting , yang usianya di bawah umur dua tahun dan akan diberikan treatment selama enam bulan dengan pemberian PMT bergizi.

PMT akan langsung dimasak dengan Menu Dapur Sehat Atasi Stunting TP. PKK Desa dan Kader Pemberdayaan Masyarakat yang ada di Desa.

"Kami berharap melalui program BAAS ini kasus stunting yang ada di wilayah Kabupaten HSS dapat teratasi dengan baik," katanya, yang hadir di acara lauching dan pengukuhan BAAS bersama CDO PT SAM, Joko Sambodo.

Baca juga: SD-SMP Bajayau Lestari peringati Hari Kartini
 
Launching dan pengukuhan program Bapak Asuh Anak Stunting Kabupaten HSS. (Antara/HO-PT Subur Agro Makmur)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022