SD-SMP Bajayau Lestari, Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan(Kalsel),  menggelar lomba poster online memperingati Hari Kartini tahun 2022, Peringatan hari kartini ini dilaksanakan dalam rangka mengenang jasa R.A Kartini dalam memperjuangkan hak-hak wanita.

Kepala Sekolah SD-SMP Bajayau Lestari, di Bajayau, mengatakan, tahun ini peringatan hari kartini dilaksanakan secara virtual, dalam lomba ini setiap peserta mengumpulkan foto karya poster, bertema Hari Kartini ke wali kelas mulai pada tanggal 11-20 April 2022.

"Setiap poster yang terkumpul disaring, menjadi sembilan poster terbaik untuk menjadi juara," katanya, dalam keterangan, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan dia, sebagai puncak acara, dilaksanakan pada 21 April melalui google meet, diisi materi seputar biografi R.A Kartini, menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini dan pengumuman lomba Poster Hari Kartini.
 
Lomba poster online SD-SMP Bajayau Lestari peringati Hari Kartini 2022 (Antara/Fathur)


Baca juga: Buka puasa bersama PT SAM dukung giat jurnalis muda HSS

Kegiatan peringatan hari kartini dilaksanakan bertujuan mengenang jasa pahlawan khususnya R.A Kartini, sekaligus untuk memberikan wawasan kepada seluruh peserta didik agar selalu terus berjuang dan semangat dalam menggapai cita-cita.

Diharapkan agar semangat juang R.A Kartini mampu juga memberikan movitasi bagi semua pihak, khususnya untuk para peserta didik, dan kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pemateri biografi R.A Kartini, Devi Feriyanjani, menyampaikan tentang biodata umum R.A Kartini dan menjelaskan secara singkat tentang perjuangan R.A Kartini dalam memperjuangkan hak-hak wanita.

Dalam sesi pemateri mengajukan beberapa pertanyaan sehingga membuat kegiatan semakin menarik dan peserta didik sehingga membuat mereka menjadi makin antusias.
 
Lomba poster online SD-SMP Bajayau Lestari peringati Hari Kartini 2022 (Antara/Fathur)


Baca juga: Partisipasi PT SAM salurkan minyak goreng murah di bazar pangan HSS

Ditutup dengan pengumuman lomba poster hari kartini, menjadi rangkaian acara yang ditunggu-tunggu peserta didik, seluruh poster yang terpilih menjadi juara ditampilkan dalam slide presentasi.

Seluruh peserta didik merasa senang dengan adanya kegiatan peringatan Hari Kartini ini, meskipun dilaksanakan secara virtual serta berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang dilakukan secara tatap muka atau offline.

Panitia pelaksana, Ani Trisnawati, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan selain dalam rangka memperingati hari Kartini, namun juga sebagai ajang mengasah kreativitas peserta didik.

"Untuk kriteria yang dinilai dalam lomba poster ini adalah isi pesan, variasi gambar dan pewarnaan," katanya.

Baca juga: SD-SMP Bajayau Lestari isi Ramadhan dengan pesantren online
 
Peserta lomba poster online SD-SMP Bajayau Lestari peringati  dengan karyanya (Antara/Fathur)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022