PT Subur Agro Makmur (SAM) menyalurkan beasiswa bagi peserta didik di sekitar perusahaan perkebunan Kelapa Sawit tersebut, di Lapangan Badminton Daha Barat secara terbatas dengan mematuhi protokol kesehatan.

Assiten Sustainability- CSR PT SAM, Esti Setyaningsih, di Daha Barat, mengatakan program beasiswa prestasi merupakan program yang tergabung dalam salah satu empat Pilar Astra yaitu Astra Cerdas.

"Program kita ini merupakan bentuk peran dan fungsi PT SAM dalam “public contribution”, terkhusus di bidang Pendidikan," katanya, dalam keterangan melalui pers release kepada ANTARA, Senin (21/11) kemarin.

Dijelaskan dia, pada tahun ini beasiswa prestasi disalurkan ke 19 sekolah binaan yang berada di sekitar perkebunan PT SAM, mulai dari level TK, SD, SMP, dan SMA dan 3 Sekolah internal.
 
Penyaluran beasiswa siswa berprestrasi CSR PT SAM. (Antara/HO-PT Subur Agro Makmur)


Baca juga: Bupati HSS terima kunjungan manajemen PT Subur Agro Makmur

Untuk jumlah penerima keseluruhan adalah 137 siswa, yakni 104 siswa dari sekolah binaan eksternal dan 33 Siswa dari sekolah internal.

Beasiswa ini juga sebagai wujud dari kepedulian dan kosistensi perusahaan terhadap pendidikan yang ada di sekitar perusahaan, melalui program pilar Astra Cerdas perusahaan menyampaikan bantuan beasiswa prestasi untuk peserta didik sekolah.

"Bantuan diberikan mulai dari level TK sampai dengan SMA, kami harap adanya program ini dapat memotivasi peserta didik untuk lebih giat lagi dalam menimba ilmu, dan tentunya bantuan ini bisa dimanfaatkan untuk membantu keperluan sekolah peserta didik," katanya.

CDO PT SAM, Joko Sambodo, mengatakan PT SAM selalu berupaya untuk dapat selalu mendukung kemajuan masyarakat, melalui kegiatan empat pilar.

Ditujukan agar selalu ada sinergi antara perusahaan dengan masyarakat sekitar, untuk terus meningkatkan baik bidang ekonomi, pendidikan, kewirausahaan, dan lingkungan.

Baca juga: PT SAM sosialisasikan pencegahan karhutla kepada masyarakat Daha Utara

"Semoga dengan beasiswa prestasi ini mampu memacu peserta didik, untuk terus berprestasi dan meningkatkan semangat belajar,” katanya.

Pengawas sekolah, Mahyuni, mengatakan berterima kasih atas kepedulian PT SAM terhadap peningkatan pendidikan di sekolah sekitar perkebunan.

Dan juga terimakasih atas beasiswa yang diberikan kepada peserta didik, dan tentunya akan bermanfaat menunjang pendidikan mereka.

"Pesan kami untuk peserta didik penerima beasiswa, silahkan gunakan beasiswa prestasi ini dengan baik serta tingkatkan selalu prestasi diri untuk terus berusaha menjadi yang terbaik,“ katanya.

Kepala Seksi Ekobang, Kecamatan Daha Barat, Junaidi, juga mengatakan berterima kasih kepada PT SAM yang telah konsisten dalam menjalankan program CSR, khususnya di bidang Pendidikan.

Menurut dia, pemberian beasiswa prestasi yang dilaksanakan setiap tahunnya, hal ini tentunya sangat membantu siswa agar terus semangat dalam belajar dan siap berjuang untuk mempertahankan atau meningkatkan prestasi yang ada pada diri peserta didik.
 
Penyaluran beasiswa siswa berprestrasi CSR PT SAM. (Antara/HO-PT Subur Agro Makmur)


Baca juga: PT SAM serahkan bantuan alat tangkap ikan untuk nelayan

Pihaknya berharap ke depan ada program lainnya yang dapat mendukung perkembangan kemampuan peserta didik atau siswa, misalnya sanggar tari misalnya.

"Dengan adanya sanggar tari bisa menjadi wadah siswa kita mengembangkan bakat atau kemampuannya dalam bidang seni, karena terus terang selama ini kita mengalami kesulitan ketika ada event yang mengharuskan siswa turut serta dalam kegiatan seni," katanya.

Sebenarnya ada sanggar di Daha Utara, namun letaknya cukup jauh sekitar 30 kilometer dari Daha Barat, sehingga menjadi kendala untuk siswa-siswi yang ada di Daha Barat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Atas dasar hal tersebut, pihaknya berharap PT SAM dapat membantu siswa-siswi untuk mengembangkan bakatnya di bidang seni melalui program Astra Cerdas, diiringi do'a agar PT SAM semakin maju dan Berjaya.

Turut hadir, Kapospol Daha Barat, Yunus, Ketua K3S Daha Barat, Wahyuni,  Assisten Fire PT SAM, Reza Syahrial, serta para kepala sekolah atau pendamping dari setiap sekolah binaan PT SAM.
 
Penyaluran beasiswa siswa berprestrasi CSR PT SAM. (Antara/HO-PT Subur Agro Makmur)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022