Sebanyak 54 tim pemadam kebakaran dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan ikuti lomba adu ketangkasan di tengah kebun kelapa sawit milik PT Kharisma Inti Usaha (KIU) di Kabupaten Tapin, Sabtu. 

General Manager PT KIU Makmur Simanungkalit mengatakan pelaksanaan lomba berhadiah ini juga diikuti oleh tim pemadam kebakaran dari internal perusahaan, misalnya dari PT Globalindo Agung Lestari, PT KIU dan PT United Agro Indonesia. 

"Tujuan kegiatan ini sebenarnya hanya untuk membuat langit kita biru, kita PT KIU berkomitmen untuk mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan (karhutla)," ujarnya di lokasi acara.

Ajang ketangkasan sekaligus silaturahmi dengan tim pemadam kebakaran masyarakat ini, kata jua, juga sebagai bentuk evaluasi untuk tim dari internal perusahaan mereka untuk menanggulangi bencana kebakaran.

Kegiatan yang baru pertama kali digelar ini, ungkapnya, akan rutin digelar setiap tahun dan melibatkan lebih banyak pihak. 

"Bersama masyarakat, kita komitmen untuk menjaga langit biru," katanya. 

Ketua Barisan Pemadam Kebakaran (Bapara) Kabupaten Tapin Yosi menambahkan pihaknya selaku tuan rumah menyambut antusias kegiatan yang diadakan pihak perusahaan. 

"Mudah-mudahan ada lanjutan dari kegiatan ini," ujarnya.

Khususnya di Tapin, anggota Bapara ada sebanyak 62 tersebar di 12 kecamatan. Kata dia, pihaknya akan menyambut baik komitmen perusahaan terkait penanganan karhutla. 

Dari puluhan tim itu, terlihat ada ratusan anak muda mengikuti lomba balap ketangkasan menaklukkan medan dan kepiawaian menggunakan alat pemadam kebakaran.

Pemenang lomba ini di antaranya tim dari ; Pulau Kadap (juara satu), Penentu (juara dua), Al-Wustha (juara tiga) dan Al-Mukarramah (juara empat). 

 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022