Balangan - (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, mengamankan soal Ujian Nasional (UN) untuk SLTA/Sederajat yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.


UN tahun 2016 rencananya akan digelar pada bulan April tahun 2016 untuk tingkat SMA/MA/SMK/Program Paket C. Tepatnya pada tanggal 4 - 6 April 2016. Sementara untuk tingkat SMP/MTs/Program Paket B digelar pada bulai Mei, yaitu mulai tanggal 9 Mei sampai dengan 12 Mei 2016.

Untuk soal UN sendiri sudah sejak Senin (28/3) didistribusikan oleh Disdik provinsi Kalsel ke Disdik Balangan, yang diterima di Mapolres Balangan.

Kapolres Balangan AKBP Sudrajad Hariwibowo SIK MSi mengatakan, Saat ini, seluruh naskah soal UN yang telah diterima yaitu, untuk SMA-LB lima keping CD, SMA/MA  23 box dan 76 keping CD, SMK  dua box dan 30 keping CD serta untuk Paket C sebanyak tiga box. 

"Semua sudah berada di Mapolres Balangan untuk dijaga sebelum didistribusikan kesekolah-sekolah melalui Polsek-Polsek di Balangan," katanya.

Naskah soal UN dengan bentuk rincian amplop besar (21) sebanyak 189 buah, amplop kecil (15)  78 buah, dan amplop kecil (10) 79 buah serta CD untuk soal bahasa inggris sebanyak 111 keping diamankan di ruangan Sat Intelkam Res Balangan.

Kamis (31/3) semua soal tersebut akan didistribusikan ke Mapolsek - Mapolsek. Selanjutnya disimpan di Mapolsek, Kecuali Polsek Paringin tetap ada di Polres Balangan sampai hari H pelaksaan UN." ujar Kapolres Balangan AKBP Sudrajat Hariwibowo.

Nantinya lanjut Sudrajat, saat distribusi ke polsek dilakukan dengan pengawalan langsung oleh Kapolsek bersangkutan dengan minimal dua anggota bersama pihak dinas pendidikan untuk mengambil soal-soal UN ke Mapolres Balangan.

"Pagi sebelum pelaksanaan UN, naskah soal UN akan didistribusikan oleh Polsek-Polsek dengan pengawalan ketat serta pengawasan dinas pendidikan langsung. Selain itu, saat pelaksanaan UN juga dilakukan pengamanan oleh anggota untuk tiap sekolah yang menggelar UN," jelasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016