10 ribu porsi kuliner Ketupat Kandangan akan dihidangkan dalam syukuran hari jadi ke-72 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel), pada Jum'at (2/12) mendatang, di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, di Kandangan, Rabu (16/11), mengatakan 10 ribu porsi Ketupat Kandangan ini nanti akan disiapkan oleh masing-masing Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dan swasta, dengan sistem makan ditempat.

Baca juga: Pemkab HSS gelar peringatan Hari Pahlawan ke-77

"Mengapa kita pilih menu Ketupat Kandangan, karena seiring keluarnya surat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi, tentang pengakuan terhadap Ketupat Kandangan sebagai sebagai warisan budaya tak benda 2022," katanya, dalam press conferece persiapan hari jadi HSS.

Dijelaskan dia, 10 ribu porsi ini disediakan selain untuk ASN, juga untuk masyarakat yang hadir, dan kita membuka kesempatan juga untuk instansi vertikal, perusahaan atau swasta, dan lainnya untuk ikut berpartisipasi termasuk agar bisa menyiapkan tenda.

Tidak hanya Ketupat Kandangan, untuk mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) maka hidangan akan dilengkapi dengan buah, serta dilengkapi Apam Kandangan dengan ciri khas diberi parutan kelapa di atasnya.

Baca juga: Membanggakan, kontingen HSS raih juara umum Porprov XI Kalsel

Pihaknya berharap syukuran hari jadi Kabupaten HSS masyarakat bisa datang hadir makan bersama dengan menu Ketupat Kandangan, yang bakal disiapkan baik oleh SOPD, instansi vertikal dan pihak swasta.

“Silahkan datang di acara syukuran hari jadi di lapangan Lambung Mangkurat, dan makanlah secara bergantian dengan tertib,” katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022