Gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2022 telah berakhir, dengan hasil membanggakan untuk kontingen tuan rumah Hulu Sungai Selatan (HSS) dengan prestasi gemilang dengan predikat juara umum.

Porprov XI Kalsel telah berlangsung sembilan hari, dari tanggal 5 November dan diakhiri clossing ceremony atau seremonial penutupan Minggu (13/11) malam, bertempat di Stadion 2 Desember, Kandangan, Kabupaten HSS.

"Kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta dari seluruh kabupaten dan kota se-Kalsel, sehingga Porprov XI dapat berlangsung meriah," kata Bupati HSS,  H Achmad Fikry.

Dijelaskan dia, menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi pihaknya, bisa memberikan kesan mendalam dengan suksesnya perhelatan Porprov XI Kalsel.

Baca juga: Wabup HSS buka pertandingan cabor IODI Porprov XI Kalsel

Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Kadispora), Kalsel H Hermansyah, juga mengatakan rasa bangganya atas partisipasi seluruh daerah yang turut menyukseskan Porprov XI.

“Semoga dapat memberi manfaat, spirit baru agar mampu berbuat lebih baik lagi untuk kemajuan olahraga di daerah," katanya dalam sambutan menutup kegiatan, mewakili Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor.

Menurut dia, dengan usainya pelaksanaan porprov ini, memberikan kenangan dan pelajaran yang dijadikan bahan evaluasi dalam pembinaan kedepannya. Pihaknya ingin lebih banyak melahirkan atlet potensial, memiliki daya saing di level nasional hingga internasional.

Penutupan porprov diawali dengan persembahan Tari Langkah Membungan dari Sanggar Karamunting, serta dimeriahkan dengan penampilan artis ibukota Nabila Maharani.

Baca juga: HSS posisi teratas perolehan sementara medali Porprov XI Kalsel

Kegiatan ini turut dihadiri Bupati Balangan, Wakil Walikota Banjarbaru, Wakil Walikota Banjarmasin, Wabup Tabalong, Wabup Kotabaru, Sekda HST serta unsur Forkofimda HSS.

Data yang didapat saat penutupan, terdapat 7.508 atlet dari 13 kabupaten/kota di Kalsel yang sudah berjuang mengikuti berbagai cabang olah raga, yakni 41 cabang olah raga.

Kontingen Kabupaten HSS berhasil menjadi juara umum dengan melewati jumlah perolehan akhir medali Kota Banjarmasin, yang sebelumnya telah menjadi juara umum 10 kali berturut-turut sejak awal dimulainya gelaran Porprov Kalsel.

Kabupaten HSS mampu mengoleksi sebanyak 254 medali, yang terdiri atas 122 medali emas, 70 medali perak dan 62 medali perunggu.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022