Jelang hari jadi ke-71 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Bupati HSS, H. Achmad Fikry, beserta jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS melakukan tradisi rutin ziarah ke makam pendiri Kabupaten HSS serta makam mantan pembina dan Ketua Korpri Kabupaten HSS.

Ia mengatakan, ini tradisi tiap tahunnya, tentu berziarah mendoakan beliau-beliau untuk mendapat tempat yang terbaik di sisi Allah SWT, dengan harapan tradisi ini dapat terus dilanjutkan di masa yang akan datang.

"Tradisi ini merupakan wujud penghormatan kita kepada beliau-beliau yang telah mendharma baktikan segenap kemampuan beliau, untuk membangun Kabupaten HSS,” katanya, Jum'at (26/11).

Baca juga: Program Lansia Asuh HSS bentuk perhatian dan kasih sayang kepada para lansia

Selain itu, dijelaskan dia, tradisi ini merupakan penyemangat untuk para generasi berikutnya, dengan mengingat apa yang telah beliau-beliau baktikan kepada Kabupaten HSS menjadi cerminan pada generasi muda, seantiasa memberikan yang terbaik bagi Kabupaten HSS.

Ziarah diawali di makam H.Kasyful Anwar, CH (Bupati Periode 1958-1959, 1960-1963 ), yang terletak di Alkah Keluarga, Desa Karang Jawa, Kecamatan Padang Batung.

Rombongan selanjutnya menuju makam H. Darham Hidayat (Pendiri Kabupaten HSS) yang merupakan ayah dari Bupati HSS, H.Achmad Fikry, terletak di Alkah Keluarga Muara Banta, Kecamatan Kandangan.

Kemudian, ke makam H.Saidul Hudarie (Bupati 1993-1998, 1998-2003), terletak di Alkah Keluarga Jambu Hilir, Kecamatan Kandangan.Selanjutnya ke makam H.Asnawi Jumberi (Mantan Sekretaris Daerah), terletak di Alkah Keluarga Amawang Kanan, Kecamatan Kandangan.

Setelah itu, ke Makam H.A Gafuri (Bupati Periode 1983-1988), terletak di Alkah Keluarga, Parincahan, Kecamatan Kandangan, setelah itu dilanjutkan ke makam H.Muhammad Arlan (Bupati periode 1988-1993), terletak di Alkah Keluarga, Gambah Luar, Kecamatan Kandangan.

Baca juga: Berbagi kebahagiaan dengan lansia konsep Pemkab HSS sambut hari jadi

Dan Terakhir, di makam H. A Yunani (Mantan Sekretaris Daerah), yang terletak di Alkah Keluarga, Kuburan Muslimin Telaga Mas, Kecamatan Kandangan.

Pada setiap ziarah ke makam Pendiri Bumi Antaludin serta makam Mantan Pembina dan Ketua Korpri tersebut, digelar do'a bersama dan diserahkan bingkisan kepada para keluarga almarhum pendiri kabupaten dan mantan bupati.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten HSS, H.M Noor, Tuan Guru H.Muchyar Dahri, para pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat pengawas, pejabat administrator, serta para keluarga pendiri Bumi Rakat Mufakat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021