Anggota DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) terus membekali generasi muda di provinsinya tentang pemahaman Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang).

"Pasalnya generasi muda sebagai pewaris pelanjut perjuangan bangsa sehingga perlu pemahaman yang betul terhadap Pancasila dan Wasbang," ujar anggota DPRD Kalsel Athaillah Hasbi melalui telepon seluler, Selasa.

"Sehubungan dengan hal itu, saya dalam melaksanakan sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wasbang pada kesempatan kali ini masih memilih para siswa," lanjutnya.

Anggota Komisi IV Bidang Kesra yang juga membidangi pendidikan dan kepemudaan tersebut melaksanakan sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wasbang pada SMAN 5 Barabai di Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

"Kita berharap dengan pembekalan labih dini terhadap generasi muda (termasuk para siswa) dapat menangkal paham-paham radikal atau yang bertentangan Pancasila," ujar wakil rakyat asal "Bumi Murakata" HST yang akrab dengan sapaan Bang Atak.
Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Athaillah Hasbi sosialisasikan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di SMAN 5 Barabai (sekitar 145 km dari Banjarmasin) Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), 14 November 2022. (Istimewa)

Mengenai Wasbang, Ketua Pemuda Pancasila Bumi Murakata HST itu menyebutkan, hal tersebut empat pilar kebangsaan yang merupakan penyangga keutuhan berbangsa dan bernegara.

"Empat pilar kebangsaan terdiri Pancasila, Undang Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika," demikian Athaillah Hasbi.

Dalam sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wasbang bagi kelas XI dan XII SMAN 5 Barabai (sekitar 145 km dari Banjarmasin) itu menghadirkan narasumber Badaruddin dan Fahriansyah dengan moderator Muhammad Aini.

Sedangkan yang mewakili SMAN 5 Barabai Sudarman menyatakan terima kasih dengan adanya sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wasbang pada 14 November 2022 terhadap siswa-siswinya untuk ketahanan generasi bangsa.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022