Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bekerjasama dengan BPMP Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan penyusunan rancangan pembuatan aplikasi monev kinerja dan mutu satuan pendidikan setempat.

"Program pembuatan aplikasi monev ini berada di Bidang Pembinaan SD, yang nantinya dapat dipergunakan untuk memonev kinerja guru, kepala sekolah, pengawas sekolah dan mutu satuan pendidikan secara ter-sistem dan semoga ke depannya terlaksana dengan baik," kata Kasi Kurikulum SD Dinas Pendidikan HST Miseransyah, Kamis (10/11).

Kegiatan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 10-12 Nopember 2022 yang bertempat di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan di Ruang Refro Kota Banjarbaru.

Kasi Kurikulum SD Dinas Pendidikan HST Miseransyah yang juga panitia pelaksana menyebutkan, sasaran monev adalah kinerja guru, kepala sekolah, pengawas dan mutu Pendidikan yang ada di Lingkungan Pemkab HST.

Ditambahkannya, kegiatan dihadiri oleh 15 orang pejabat struktural Dinas Pendidikan HST dan lima orang dari Pejabat Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalsel.

Saat membuka acara, Plt Kepala Dinas Pendidikan HST H Muhammad Anhar menyampaikan bahwa dengan adanya aplikasi itu dapat mengintegrasikan berbagai pelaporan monitoring dan evaluasi serta dapat menjadi salah satu inovasi Disdik HST.

"Ke depannya, aplikasi ini juga dapat terus dikembangkan, termanfaatkan dengan baik dan menjadi vioner di Provinsi Kalsel," katanya.

Diterangkannya, aplikasi monev ini nantinya berbasis web yang menyajikan data monitoring dan evaluasi pembangunan baik berupa data numerik dan visual (foto), mudah di update dan dapat diakses secara online.

"Namun untuk sementara offline dulu untuk mengetahui kemudahan dan kendalanya. Ke depan dirancang aplikasi monev ini juga akan terhubung dengan kinerja, prestasi, TPP guru, kepala sekolah dan pengawas," ujar Anhar.

Sedangkan Yuli Haryanto, Kepala BPMP Provinsi Kalsel mengatakan apresiasi luar biasa yang merupakan kabupaten pertama request tentang rancangan aplikasi monev ini.

Nara sumber pada kegiatan tersebut adalah Plt Kepala Disdik HST, kepala BPMP kalsel, praktisi dan akademisi dari Universitas Lambung Mangkurat.
 
kegiatan penyusunan rancangan pembuatan aplikasi monev kinerja dan mutu satuan pendidikan di lingkungan Pemkab HST (ANTARA/M Taupik Rahman)

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022