Salah satu Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel), drg. Muhammad Hirzi Nugraha masuk enam besar nakes teladan 2022 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Tim dari Kemenkes RI dan Tim Metro TV melakukan kegiatan peliputan terhadap drg. Muhammad Hirzi Nugraha dari Puskesmas Kalumpang, sebagai salah satu nakes yang memiliki komitmen tinggi terhadap pelayanan kesehatan di HSS, termasuk inovasi yang bersangkutan dalam memaksimalkan pelayanan.

" Inovasi yang saya kembangkan yakni Scaling Mobile Service(SMS) ini bersifat jemput bola, untuk memberikan wadah pelayanan kesehatan gigi di masyarakat," kata drg. Muhammad Hirzi Nugraha, mengutip dari pers release Diskominfo kepada ANTARA, Minggu (6/11) lalu.

Baca juga: Tim PGDS Kemenkes RI visitasi RS Daha Sejahtera

Dijelaskan dia, ingin agar inovasi ini bisa memberikan dampak baik kepada pelayanan Kesehatan gigi di Kabupaten HSS, juga agar angka stunting lebih menurun, karena telah diberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi dari gizi, gigi, kia dan lab.

Bahkan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan gigi kepada masyarakat, ia berharap Inovasi ini bisa diterapkan diseluruh layanan Puskesmas yang ada di HSS, bahkan untuk seluruh Indonesia.

Inovasi yang dijalankannya dilatarbelakangi minimnya pengetahuan masyarakat tentang kesehatan gigi, yang mengakibatkan kunjungan pasien gigi sedikit di Puskesmas Kalumpang. Banyak bumil yang sakit gigi datang ke Puskesmas Kalumpang, dan penyakit gigi dan mulut juga ada kaitannya dengan stunting.

Baca juga: HSS giatkan bapak asuh anak stunting dengan intervensi asupan gizi

Diketahui, drg. Muhammad Hirzi Nugraha juga akan menjadi narasumber dalam rangkaian kegiatan pemberian penghargaan bagi nakes teladan 2022 di Fasyankes Tingkat Nasional, melalui Program Kick Andy Show Metro TV.

Kemenkes RI akan memberikan apresiasi kepada para nakes teladan yang telah berkontribusi dalam pemberian pelayanan di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

Pemberian penghargaan kepada nakes teladan di fasyankes yang dilaksanakan, bertepatan dengan acara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2022.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022