Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel gelar berbagai kegiatan sosial pada Hari Ulang Tahun (HUT) IDI ke-72 dan Pekan Bhakti Hari Kesehatan Nasional.

"Kegiatan sosial yang kita laksanakan adalah pemeriksaan kesehatan gratis, pemeriksaan USG kepada ibu hamil oleh dokter spesialis kandungan, kunjungan ke pasien gangguan jiwa oleh dokter ahli jiwa dan penyakit dalam, jalan sehat dan pembagian bingkisan kepada masyarakat saat car free day minggu," kata Ketua IDI Cabang HST, dr Danu Saputra, Sp, K.J di Barabai, Senin (7/11).

Pihaknya juga menyelenggarakan donor darah sejak tanggal 25 Oktober 2022 yang lalu dan IDI berpartisipasi memecahkan rekor nasional MURI untuk donor darah massal se-Indonesia.

Diterangkannya, kegiatan sosial IDI tersebut dilaksanakan di beberapa tempat seperti Bakti sosial berupa pelayanan Kesehatan spesialistik berlangsung di Puskesmas Tandilang, Kecamatan Batang Alai Timur.

"Jalan sehat kita lakukan di lapangan Dwi Warna Barabai sampai ke Puskesmas Barabai dengan pembagian bingkisan kepada masyarakat. Sedangkan untuk acara donor darah ini dilakukan di RSHD Barabai," katanya.

Ketua Pelaksana Kegiatan dr. Zulfadli R. Akbar, Sp.BS menambahkan, untuk kegiatan donor darah diikuti dan difasilitasi oleh para dokter yang ada di Kabupaten HST serta turut serta masyarakat umum yang nantinya jika ikut donor akan diundi untuk mendapatkan hadiah menarik.

Ia menyebutkan, berbagai kegiatan sosial ini diharapkan dapat membantu masyarakat dan IDI turut serta meningkatkan kualitas kesehatan baik seluruh Indonesia secara umum dan masyarakat HST pada khususnya.

"Tentunya yang paling kita harapkan adalah angka kesehatan masyarakat semakin meningkat," tutupnya.
 
Kegiatan sosial pengurus IDI Cabang HST (ANTARA/M Taupik Rahman)

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022