Cabang olahraga (cabor) E-Sports mulai digelar dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Kalimantan Selatan (Kalsel), di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sebagai tuan rumah pelaksana porprov.

Opening Ceremony Porprov XI Kalsel E-Sport dihadiri Ketua Umum E-Sport Indonesia (ESI) Provinsi Kalsel, Brigjen Pol Heri Armanto dan Wakil Bupati (Wabup) HSS Syamsuri Arsyad di Gedung Pramuka Kandangan.

"E-Sport merupakan sebuah industri yang perkembangannya begitu pesat, sehingga kita tidak bisa menganggapnya sebelah mata," kata Ketua Umum ESI Provinsi Kalsel, Brigjen Pol Heri Armanto, dalam sambutan opening ceremony cabor E-Sports, di Kandangan, Minggu (6/11).
 

Ketua Umum ESI Provinsi Kalsel, Brigjen Pol Heri Armanto. (Antara/Fathur)

Baca juga: Malam ramah tamah kontingen Porprov XI Kalsel untuk pererat silaturrahmi

Dijelaskan dia, karena saat ini atlet Indonesia sudah mulai diperhitungkan di kancah dunia, mengingat berbagai prestasi sudah diraih dalam ajang internasional. 

Provinsi Kalsel menjadi pioner menyelenggarakan cabor E-Sport pertama di Indonesia, yang dihitung secara resmi perolehan medalinya di ajang Porprov XI tahun 2022 ini.

Pengurus Besar(OB) ESI merupakan induk cabor di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), yang resmi dilantik pada 18 Januari 2020. 

Sedangkan pengurus tingkat provinsi dilakukan pelantikan secara serentak se-Indonesia pada 14 Maret 2020, termasuk di Kalsel

"Kami berharap adanya Porprov ini dapat meningkatkan kualitas maupun kuantitas atlet, serta sebagai batu pijakan agar nantinya mampu mengharumkan nama Kalsel di kancah nasional dan internasional," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad,  berpesan kepada seluruh atlet yang bertanding dapat memberikan yang terbaik, untuk kabupaten serta kotanya masing-masing.

Opening Ceremony Porprov XI Kalsel E-Sport. (Antara/Fathur)

Baca juga: Dua atlet cabor karate Kontingen HSS kembali torehkan prestasi

Adapun cabor E-Sport Porprov Kalsel terbagi 14 nomor pertandingan, diikuti oleh 13 kabupaten serta kota se-Kalsel, berlangsung mulai tanggal 6 sampai 12 November 2022.

Sedangkan jumlah atlet yang mengikuti seluruh nomer pertandingan dari beberapa nomor seperti Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, E-Football 2023, FIFA 2022, dan Tekken 7 totalnya ada 385 atlet putra dan putri.

Seluruh pertandingan E-Sport Porprov XI Kalsel akan disiarkan secara live streaming, melalui channel media sosial YouTube ESI Kalsel.

Baca juga: Kirab api obor Porprov XI Kalsel tiba di Kabupaten HSS

Opening Ceremony Porprov XI Kalsel E-Sport. (Antara/Fathur)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022