Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar tur sepeda motor di Banjarmasin dalam menyemarakkan perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty G20 di Bali tahun 2022.

"Peserta touring menyusuri jalan Kota Banjarmasin dengan membawa atribut G20 untuk menarik perhatian masyarakat," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel Lilik Sujandi di Banjarmasin, Sabtu (22/10).

Rombongan puluhan motor para pegawai Kemenkumham itu dimulai dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin Jalan Sutoyo S, Banjarmasin Barat.

Kemudian peserta melewati jalur pusat kota, rombongan berfoto bersama di patung maskot Bekantan yang ada di sekitaran siring Sungai Martapura pada titik nol kilometer Kalimantan Selatan.

Lilik menyebut kegiatan tersebut sebagai perwujudan seluruh insan pengayoman di Kalimantan Selatan turut mendukung gelaran G20 dan siap menyemarakkannya di seluruh tanah air.

Sementara untuk Kalsel sendiri, ungkap dia, telah menyiapkan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Bandara Internasional Syamsuddin Noor guna menyambut delegasi asing dari G20.

Diketahui bandara di Kota Banjarbaru itu menjadi salah satu bandara transit para peserta G20 dalam rangkaian pertemuan di bawah Presidensi Indonesia pada 15-16 November 2022 mendatang.

"Kami sudah pastikan kesiapan TPI Bandara Syamsuddin Noor yang nantinya memberikan layanan keimigrasian secara maksimal sesuai arahan Sekjen Kemenkumham RI," ujar dia.
 

Pewarta: Firman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022