Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad memaparkan bagaimana kepramukaan membuat generasi muda menjadi lebih baik, dan berharap mereka yang aktif dan pembina bisa saling bersinergi  membina generasi muda di kepramukaan.

"Mari kita bina dengan sebaik-baiknya supaya mereka merasa bisa, merasa ada manfaat dan ada dampak bagi mereka aktif di organisasi kepramukaan kita," kata wabup yang juga Ketua Kwarcab Pramuka HSS saat menjadi narasumber Seminar Kepramukaan memperingati Hari Pramuka yang ke-61 dan Dies Natalis, STAI Darul Ulum Kandangan ke-36 di aula kampus STAI setempat, Rabu (19/10).

Dijelaskan dia, bagi para pembina juga dituntut kesabarannya, keikhlasannya meluangkan waktu karena bagaimanapun ini mereka perlu proses, semakin banyak orang terbina tentu semakin baik.

Baca juga: Ziarah makam tokoh isi peringatan Hari Pramuka di HSS

Lebih lanjut, ia berharap kepada pembina dari sekarang segera memikirkan metode pelatihan, metode pendekatan dan bagaimana menghidupkan suasana kepramukaan.

Seminar ini juga dirangkai dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun dengan tema “Generasi Muda Yang Berkarakter dalam Pembangunan Indonesia Pasca Pandemi di Era 5.0”.

Terselenggarannya seminar bertujuan untuk penguatan moral dan karakter di zaman sekarang, melalui pendidikan kepramukaan tak lain adalah salah satu bentuk ikhtiar Gerakan Pramuka. Ini juga menyikapi perilaku sosial anak muda di era digital agar menjadikan pribadi yang tidak mudah terprovokasi dan bijak menyikapinya.

Baca juga: Pawai obor keliling meriahkan hari jadi Pramuka dan Provinsi Kalsel

Acara ini juga bertujuan sebagai media silaturahmi antar pramuka penggalang, penegak, dan pandega se-Kalimantan Selatan dengan pengurus dan peserta berjumlah kurang lebih 250 orang.

Turut hadir, Kwarda Kalsel Zainal Abidin selaku narasumber, Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan STAI Darul Ulum Kandangan H. Mukhsin Aseri, Pembina Gugus Depan Pramuka SLTP/SLTA se-Kalsel, Ketua Senat Mahasiswa STAI Kandangan serta Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022